Monday, January 28, 2019

Materi Kultum Perihal Sabar


Kultum Singkat Tentang Sabar
Sabar adalah salah satu materi kultum yang sangat relevan untuk disampaikan kepada siapa saja dan kapan saja. Sebab, dalam setiap praktek kehidupan manusia pasti menuntut suatu perbuatan hati, diantaranya adalah sabar.
Sabar inilah yang menjadi pembeda terhadap kualitas seseorang. Datangnya ujian itu pasti, namun bagaimana menyikapinya itulah yang menjadi penentu baik atau tidaknya di hadapan Allah.

Pengertian Sabar Menurut Islam

Syeikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah berkata, “Sabar adalah meneguhkan diri dalam menjalankan sebuah ketaatan kepada Allah, menahan dari suatu perbuatan maksiat kepada Allah, dan menjaganya dari suatu perasaan & sikap marah dalam menghadapi taqdir Allah” (Syarah Tsalatsatul Ushul, hal. 24)
Dari keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa sabar adalah menahan diri dari suatu tekanan yang dapat memalingkan diri keluar dari ketaatan kepada Allah.
Karena datangnya ujian itu pasti, maka beruntunglah bagi manusia yang dalam menghadapi cobaan/ujian itu bersabar. Mau bagaimana pun manusia itu menanggapi suatu cobaan, cobaan itu tetap terjadi, maka alangkah meruginya manusia yang tidak mampu bersabar.

Baca juga Text Prosedur English

Macam-macam Sabar

Macam macam sabar sendiri terbagi menjadi tiga bagian. Yaitu sabar dalam melakukan ketaatan kepada Allah, sabar dalam menjauhi kemaksiatan kepada Allah dan sabar atas segala sesuatu yang telah ditakdirkan Allah kepada Kita.

1. Sabar Dalam Melakukan Ketaatan Kepada Allah

Beraneka ragamnya kehidupan yang diajalani seseorang juga berdampak pada ketaatannya kepada Allah. Oleh sebab itu, orang yang mampu bersabar dalam menjalankan ketaatannya kepada Allah adalah orang yang hebat.
Ia tidak terpengaruh dengan lingkungan, situasi ataupun kondisi yang bagaimanapun. Ia tetap mampu bersabar menjalankan ketaatannya kepada Allah.

2. Sabar Dalam Menjauhi Kemaksiatan

Selain bersabar dalam berbuat taat, selanjutnya adalah sabar dalam menjauhi maksiat. Iblis selalu berusaha menggoda manusia untuk berbuat maksiat dan terjerumus dalam dosa.
Iblis tak kenal lelah berusaha menyesatkan manusia, diamanapun, kapan pun dan dalam keadaan bagaimana pun. Oleh sebab itu manusia juga diperintahkan untuk selalu bersabar dalam menjauhi maksiat.

Download juga Text Procedure

3. Sabar Atas Segala Sesuatu yang Telah Allah Takdirkan untuk Kita

Segala sesuatu yang menimpa pada diri kita adalah Takdir Allah yang harus kita imani, entah itu baik atau buruk, yaitu dengan cara mensyukuri yang baik, dan bersabar terhadap yang kurang baik.
Kita wajib bersabar dengan semua ketentuan Allah tersebut, toh baik tidaknya takdir itu sebenarnya tergantung dari kaca mata kita memandang. Sebab pada dasarnya, segala sesuatu yang menimpa diri kita itu untuk kebaikan kita sendiri, yaitu berupa cobaan atau ujian yang akan mengangkat derajat kita menjadi lebih baik jika kita bersabar.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun.

Buat yang pengen lihat kehebohan kami di Youtube, silahkan lihat di sini https://goo.gl/FQGQku atau https://goo.gl/1ufXwB