-

Bencana Longsor Landa Mekarsari Pasirlawang

Ciamis - Hujan gerimis yang mengguyur wilayah Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis selama dua hari berturut-turut telah menyebabkan bencana longsor. Kejadian tersebut terjadi pada Minggu, (9/10) sore hari sekitar pukul 4 sore yang berada di dua titik di lokasi yang berdekatan.

Guguran Tanah Menjebol Dinding Kamar

Peristiwa musibah longsor berada di Dusun Mekarsari RT 02 RW 01 Desa Pasirlawang Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis. Dua lokasi terdampak yakni jalan desa dan rumah warga bernama Mungin yang beranggotakan empat jiwa dengan kerusakan bagian belakang rumah jebol dihantam guguran tanah.

Berdasarkan penuturan salah seorang staf Desa Pasirlawang, Nana Suryana mengatakan, kejadian tanah longsor tersebut diketahui oleh Istri Kepala Desa Pasirlawang yang saat itu tengah mengendarai sepeda motor. Tiba-tiba terjadi pergerakan tanah yang menutup jalan raya tepat di depan beliau. Kontan sang istri Kades tersebut pun shock atas peristiwa yang baru dialami tersebut.

Nana Suryana pun langsung menghubungi Babinsa Desa Pasirlawang untuk menginformasikan musibah tersebut dan masyarakat langsung bergerak memberikan pertolongan dengan mengevakuasi korban ke tempat aman serta membersihkan jalan desa yang tertimbun tanah.

Hingga saat ini suasana di sekitar tempat kejadian masih cukup mencekam lantaran gerimis turun tiada henti.

Masih menurut Nana Suryana, "longsor ini disebabkan oleh penggundulan hutan di sekitar tempat kejadian, pasalnya seluruh pepohonan yang ada di tempat tersebut ditebang habis sehingga menyebabkan tanah menjadi labil dan rentan longsor".

Kita berharap semoga masyarakat bisa menyadari akan pentingnya pepohonan sebagai penahan erosi dan sumber kehidupan agar tidak lagi terjadi bencana alam termasuk tanah longsor.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
October 15, 2016 at 7:31 PM ×

Alhamdulillah tidak ada korban jiwa.

Selamat Ahmad Misno dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment