-

Sukarelawan PMI Itu Namanya

Pembicaraan mulai menyinggung tentang bagaimana penamaan Sukarelawan PMI pada saat disampaikan ke publik. Tujuannya agar publik mengetahui bahwa Sukarelawan PMI tidak sekedar "Sukarelawan" tapi mempunyai kompetensi. Tidak dipersamakan dengan relawan-relawan lain yang sebagian besar hanya bermodal niat dan tenaga saja. Walaupun saya tahu ada juga relawan di luar PMI yang mempunyai kompetensi di bidangnya. Tapi, pembicaraan kita mengerucut bahwa Sukarelawan PMI tidak boleh diremehkan. Tidak boleh paling ujung disebutkan, tidak boleh paling belakang saat dibariskan.


PMI adalah organisasi berbasis Sukarelawan, dan ini juga berlaku bagi perhimpunan Nasional lainnya di seluruh dunia yang tergabung dalam Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Sehingga istilah Sukarelawan adalah kewajiban. Namun, disinyalir kata Sukarelawan itu kurang "menjual" karena tidak tampak sisi kompetensinya. Oke, saya anggap ini benar, karena PMI sedang berusaha membangun persepsi sesuai misi yaitu profesional dan dicintai masyarakat.

Pembicaraan berkembang; "Kalau begitu, sesuai dengan konteksnya, karena ada banyak keahlian yang dilatihkan dan dikuasai oleh para Sukarelawan PMI". Intinya "Branding" kita adah PMI. Jadi yang utama adalah kata PMI. Sebagai contoh kalimat yang menunjukkan kompetensi PMI:

"Petugas medis PMI sedang memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada korban bencana di Garut".

"Tim ambulans PMI Jakarta Selatan berhasil mengevakuasi korban runtuhnya JPO di Pasar Minggu".

Atau sebutan lain seperti Tim SAR PMI, dll.

Namun, sebutan Sukarelawan PMI sesuai konteksnya harus juga disebutkan, sebagai contoh:

"1000 Sukarelawan PMI sedang melakukan apel persiapan siaga Lebaran di Monumen Nasional Jakarta".

Penyebutan untuk publikasi adalah sangat penting agar informasi atau pesan secara optimal dapat diserap oleh masyarakat. Benar, tepat dan dimengerti. Hindari peristilahan atau singkatan yang membingungkan masyarakat seperti KSR, ERU, Watsan, RFL, WASH, dan lain-lain.Terpenting, "Brand" kita PMI.

Salam kemanusiaan
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment