-

Hari Donor Darah Sedunia


Sambutan Plh. Ketua Umum Palang Merah Indonesia
Dalam rangka Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni 2016
Assalamu’alaikumWarohmatullohiWabarokatuh
Salam Kemanusiaan !!!
Segala puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan hidayahnya hingga kita, dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi kemanusiaan.

Dengan Tema “Darah menghubungkan kita semua“ Blood connects us all mengundang semangat kerelawanan pendonor darah yang tulus dan ikhlas dalam diri setiap individu yang telah memberikan darahnya kepada sesama yang membutuhkan. Sebagai penghargaan dan ucapan terima kasih baik pendonor darah dalam penyebaran nilai-aksi-kemanusiaan sekaligus nilai-nilai kepalangmerahan yang terus berkobar dan terus berkelanjutan membantu umat manusia di dunia tanpa membedakan suku, bangsa, agama dan ras. Sehingga melalui darah dapat menghubungkan kita semua.

Peringatan Hari Donor Darah Sedunia pada tanggal 4 Juni 2016, diadakan untuk mengingatkan semangat kebersamaan dan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada pendonor darah sukarela, karena melalui kegiatan donor darah dapat meningkatkan dan menghubungkan sesama manusia, baik yang memberikan atau yang menerima darah. Melalui darah dapat menyatukan perbedaan . Dengan terus meningkatkan semangat kebersamaan sehingga pada akhirnya kesadaran masyarakat tentang kegiatan kemanusiaan ini dapat memenuhi kebutuhan darah yang aman dan produk darah.

Palang Merah Indonesia sebagai Perhimpunan Nasional di Indonesia
 yang mendapat mandat untuk menjalankan pelayanan donor darah memiliki peran yang sangat besar dalam mengkampanyekan donor darah sukarela. Dan slogan kampanye pada peringatan Hari Donor Darah Se-Dunia kali ini adalah ”Share life, Give Blood” Hal ini didorong oleh semakin meningkatnya kebutuhan akan donor darah bagi para pasien.

Oleh karena itu Palang Merah Indonesia semakin terpacu untuk meningkatkan strategi:
1. Mengajak masyarakat terutama anak muda yang sehat untuk menjadikan donor darah sebagai gaya hidup (lifestyle), dengan terus menjaga kondisi tubuhnya tetap sehat. Setiap tahunnya target hingga 4,5 juta kantong darah sesuai dengan kebutuhan darah nasional, disesuaikan dengan standar Lembaga Kesehatan Internasional (WHO) yaitu 2% dari jumlah penduduk setiap harinya.
2. Peningkatan keamanan darah dari resiko penularan infeksi dari donor kepada pasien penerima darah, terhadap infeksi Sifilis, Hepatitis B, Hepatitis C dan HIV.
3. Mempermudah akses masyarakat dalam mendonorkan darahnya dapat dilakukan di 212 UTD di 210 Kabupaten/Kota se Indonesia, menyediakan gerai Donor Darah di tempat tempat public dan pusat keramaian di tengah kota seperti Mall, kampus kampus, sekolah, dan mobilisasi Mobil unit donor darah di UTD PMI di 33 propinsi.
4. Memberikaan apresiasi penghargaan terhadap para Donor Darah Sukarela, PMI memberikan piagam penghargaan kepada DDS yang telah menyumbangkan darahnya sebanyak 15 kali, 25 kali, 50 kali, 75 kali, dan 100 kali. Khusus untuk DDS 100 kali, PMI dengan Departemen Sosial memberikan penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial yang disematkan langsung oleh Presiden RI.

Saudara-saudara dan semua Pendonor Darah Sukarela yang saya cintai,Tantangan PMI kedepan , dituntut untuk menjalankan tugas pelayanan secara professional dan memastikan penyediaan darah yang aman dan mudah diakses, melalui momentum Peringatan Hari Donor Darah Sedunia ini kami mendorong kepada semua jajaran Pengurus Provinsi, jajaran Pengurus Kabupaten/Kota dan Kepala UTD agar berkomitmen dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bertepatan juga peringatan tahun ini dengan bulan Ramadhan, merupakan momentum untuk meningkatkan ketakwahan kita kepada Tuhan, menjalankan kewajiban agama dan memberikan semangat keakraban dan mempersatukan para pendonor darah sukarela / Komunitas Donor Darah Sukarela dengan tujuan untuk meningkatkan self esteem/ harga diri kepada pendonor darah sukarela dan motivasi untuk terus berbagi kepada sesama.

Selamat memperingati Hari donor Darah Sedunia.
SemogaTuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi kegiatan kemanusiaan .
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Jakarta, Mei 2016
Plh. Ketua Umum
PALANG MERAH INDONESIA

GINANDJAR KARTASASMITA
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment