-

Etika dalam menyapa orang lain | Rajaban 1437 H

Pengajian dalam rangka memperingati Isra Mi'raj DKM Masjid Jame Albarokah berlangsung meriah yang digelar Kamis malam Jum'at (5/5) lusa kemarin.

Peringatan Isra Mi'raj yang digelar tahun ini mengambil tema tentang "Etika". Salah satu contoh dalam beretika ialah ketika memanggil seseorang. Allah SWT memberikan contohnya dalam sebuah hadits yang isinya menyebutkan bahwa Allah SWT memanggil nama Rasulullah SAW dengan kiasan.

Acara yang dikenal juga dengan rajaban lebih banyak mencontohkan etika dalam pergaulan maupun tata krama. Mubaligh yang berasal dari Desa Kranggan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas tersebut memberikan pemaparan setiap permasalahan dengan dalil.

Mubaligh yang diketahui bernama KH Fathurrohman memberikan contoh dalam beretika, yakni ketika memanggil seseorang misal namanya Misno, maka tidak ada yang salah karena namanya memang Ahmad Misno.

Tetapi secara etika itu dianggap tidak sopan, contoh lain teman karib kita menjadi kepala desa, tidak salah kalau kita panggil namanya dan secara etika pun demikian terdapat hal yang disebut ketidakpantasan.

Sebagai umat muslim yang berbudaya dan berakhlaq, hendaknya kita kembali dan tetap menjunjung tinggi etika dalam pergaulan dengan siapapun. Termasuk dalam menyebut nama Rasulullah SAW tentu tidak beretika kalau kita langsung menyebut nama beliau Muhammad SAW, dan lebih beretika kalau kita memanggilnya dengan sebutan Sayyidina Muhammad SAW.
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun.

Buat yang pengen lihat kehebohan kami di Youtube, silahkan lihat di sini https://goo.gl/FQGQku atau https://goo.gl/1ufXwB Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment