-

Mobil Injeksi Anda Bermasalah, Ini Solusinya

Baru pertama kali ngeh terhadap yang namanya mobil injeksi, padahal sih sering mendengar kata "injection" atau injeksi. Tapi yang jelas kata injeksi identik dengan kendaraan sepeda motor yang berlabel dalam stiker "FI" atau "Fuel Injection". Namun pengalaman kemarin membuka mata hati dan batin saya ketika kendaraan roda empat berlabel "Xenia" mengalami mogok alias gagal stater. Padahal waktu itu rencananya pengen pulang ke Banjarnegara seusai menghadiri pernikahan keponakannya di Dusun Sindanghaji, Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Rabu (23/9) kemarin lusa.

Kronologisnya saat akan menyalakan mesin, tidak ada suara yang menunjukkan bahwa kendaraan tersebut hidup. Kontan membuat kami terkejut karena beberapa waktu sebelumnya mesin dalam kondisi sehat. Akan tetapi, sang sopir kala itu mencoba mencari titik permasalahan dari Xenia berplat nomor R dari Wilayah Banyumas. Sempat diakalin berulang-ulang namun belum menunjukkan hasil yang memuaskan atau indikator bahwa mesin akan hidup. Akhirnya saya memutuskan untuk mencari mekanik panggilan seputaran #LakbokRaya.

Referensi awal tertuju pada si Babah (nama panggilan akrab beliau) yang bertempat tinggal di belakang SMPN 1 Purwadadi. Usai memaparkan maksud dan tujuan, ternyata beliau tidak sanggup lantaran masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Beliau pun merekomendasikan kepada Mang Supran, yang juga mekanik panggilan spesialis mobil tua. Orang kedua ini juga tidak bisa menyanggupi lantaran Xenia termasuk mobil injeksi yang penanganannya membutuhkan bantuan komputer untuk pengecekan. Alternatif lain beliau merujuk kepada bengkel Asep yang berlokasi di Dusun Padaemut sebelah selatan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Padaemut.

Berhubung keperluannya sangat mendadak, maka saya pun langsung meluncur ke Padaemut untuk mencari Bengkel Asep tadi. Telusuri dengan sabar sambil bertanya kepada beberapa orang akhirnya ketemu juga dengan Roni, rekan Asep yang rumahnya di samping Mang Soleh Pengepul rongsok wilayah Padaemut. Dia yang kala itu sedang duduk, langsung menemui Asep untuk mengambil komputer setelah saya menyampaikan sedikit kronologis gangguan mesin Xenia tadi.

Tidak kurang dari setengah jam, mereka berdua langsung berkemas dengan peralatan bengkelnya termasuk komputer. Kami pun bergegas ke Sindanghaji di mana mobil terparkir dalam keadaan mati. Dengan sedikit cerita mengenai kronologi kejadian, mereka kemudian menyalakan alat pendeteksi kerusakan atau gangguan mesin yang biasa disebut komputer atau apa namanya (bentuknya kecil seperti AVO Meter).

Hambatan atau gangguan yang terjadi akhirnya dapat disimpulkan yakni pompa saluran bensin rusak dan harus diganti. Mereka pun sudah menyediakan onderdil sebagai pengganti barang rusak dan dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk memperbaikinya. Alhamdulillah mobil Xenia yang berbahan bakar premium dengan sistem injeksi pun sudah bisa digunakan kembali. Perjuangan untuk melaksanakan shalat Id Adha maupun berkurban di Banjarnegara berbuah manis dan terima kasih atas kesediaannya untuk Asep dan Roni selaku jasa service panggilan mobil injeksi Padaemut, semoga pahala dan rejeki kalian berlimpah.

Baca juga:
Kerenggangan Jembatan Ciseel Sudah Mengkhawatirkan 
Memanfaatkan Urine Manusia Untuk Pupuk Cair Organik 
Teknik Pembuatan Wajan Bolic Untuk Penguatan Sinyal Modem/Wifi
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment