-

Mengenal Donor Aferesis - Bag 2

Donor Darah itu Sehat
Seperti penjelasan kemarin bahwa Aferesis merupakan teknologi medis di mana darah pendonor dilewatkan ke sebuah alat yang memisahkan komponen darah (plasma darah, trombosit, sel darah putih dan sel darah merah) dan diambil hanya salah satu komponen darah. Sedangkan sisanya dialirkan kembali ke tubuh pendonor.


Proses pengambilan donor aferesis ini memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah :
- Plasmapheresis atau Plasma Apheresis yaitu donor yang hanya diambil Plasma darahnya saja.
- Plateletpheresis atau Platelet Apheresis yaitu donor yang hanya diambil Trombositnya saja.
- Leukapheresis yaitu donor dengan hanya mengambil sel darah putihnya saja.
- Erythrocytapheresis yaitu donor yang cuma diambil sel darah merahnya saja.

Mari kita perjelas mengenai donor aferesis ini:
Salah satu jenis donor aferesis yakni Platelet Apheresis merupakan jenis donor yang hanya mengambil komponen trombositnya saja. Alat atau mesin yang mengalirkan darah dari tubuh pendonor hanya mengambil trombosit, sisanya dialirkan kembali ke pendonor. Proses ini memakan waktu 1,5 jam -2,5 jam dan bisa dilakukan kembali setelah 2 minggu sehingga dalam waktu 1 tahun bisa dilakukan 24 kali donor aferesis..

Kemampuan tubuh dalam menghasilkan trombosit dan plasma darah lebih cepat ketimbang sel darah merah. Oleh karenanya trombosit dan plasma darah bisa pulih dalam waktu beberapa jam saja usai donor. Sedangkan sel darah merah butuh waktu 2 minggu atau lebih untuk normal kembali.

Trombosit merupakan elemen paling penting dari perawatan transplantasi kanker dan juga organ serta prosedur bedah. Fungsi dari trombosit ini adalah untuk berkolaborasi dengan protein pembekuan guna hentikan perdarahan. 1 kantong trombosit setara dengan lima donor darah WB/Whole blood secara keseluruhan. Usia simpan dari aferesis trombosit ini hanya 5 hari, jadi pendonornya standby tiap dibutuhkan.


Syarat aphresis trombosit calon pendonor :
1. Tidak boleh minum aspirin/produk yang mengandung aspirin 48 jam sebelum sumbangan
2. Berat minimal 55 / 60 kg utk pria dan wanita
3. Karena prosesnya yg lama (1,5- 2,5jam) disarankan calon pendonor pernah melakukan donor WB / whole blood
Selain itu, pendonor apheresis juga bisa melakukan donor Whole Blood atau Donor Sel Darah Merah, karena masa trombosit pulih lebih cepat dalam hitungan jam.

Untuk jenis donor WB ada 3 yakni :
1. Donor darah Double Red Cells
2. Donor darah Platelets/trombosit
3. Donor darah Plasma.Proses Aphresis bermacam macam, yaitu

Semoga tulisan ini bisa menambah pengetahuan kita dan meningkatkan rasa ketulusan atau kemanusiaan untuk Donor Darah Sukarela kapanpun dan di manapun.

Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun.

Buat yang pengen lihat kehebohan kami di Youtube, silahkan lihat di sini https://goo.gl/FQGQku atau https://goo.gl/1ufXwB Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment