-

Perangkat Desa Sidaharja Memiliki Kemampuan Menulis Blog: Proyek Monumental Tahun 2014

Webblog Desa Sidaharja
Kehidupan menjadi seorang blogger saya rasakan sejak tahun 2009. Kala itu saya yang hobi bermain chat dengan aplikasi nimbuzz, selalu mencari informasi mengenai "bagaimana sih caranya membuat sebuah website atau pun blog?". Pikiran saya sebetulnya tertuju pada desain web dan istilah sekarang web development.

Keinginan tahuan saya terjawab ketika salah seorang kawan chat di nimbuzz, menawarkan untuk membuatkan sebuah website dengan syarat memberikan upah Rp 50.000,- sebagai imbalannya. Karena terdesak ingin tahu yang luar biasa, kukirimkan saja pulsanya dan beberapa jam kemudian dia smskan username beserta password akun blog.

http://abdulcholik.com/2013/11/01/kontes-unggulanproyek-monumental-tahun-2014/
Saya coba untuk login dan amati seksama terkait cara posting artikel, upload gambar dan sebagainya. Biar lebih masuk ke dalam pikiran, aku coba bikin akun dan email baru juga tentunya. Alhamdulillah ujicoba berhasil dan 5-6 Maret 2010, saya pertama kali mengalami sebuah peristiwa silaturahmi dengan nama kopi darat di Bekasi.

Awalnya kaget ketika mendapat sebuah sms dari seorang blogger senior asal Kota Pahlawan yakni Mba Ajengkol. Beliau mengirimkan sms undangan untuk mengikuti Amprokan Blogger 2010 di Bekasi. Heran karena belum pernah ketemu tetapi nomorku bisa didapatkannya. Akhirnya kucoba buka web bloggerbekasi dan registrasi untuk kopdar tersebut.

Kini aku memasuki dunia baru yakni menjadi seorang blogger, biarpun berbeda arah dengan tujuan semula tetapi aku menikmati kegemaran baru yaitu berbagi melalui tulisan / blogging dan terkadang mengikuti lomba writing contest. Sebelum memiliki netbook sendiri, aku dahulunya sering ke warnet bahkan hampir 2 hari sekali. Tidak terhitung sudah berapa uang yang dikeluarkan, tetapi demi sebuah ilmu itu tidak mengapa bagiku.

Menjelang tahun baru aku merencanakan sebuah Proyek Monumental Tahun 2014 yang bertajuk "Perangkat Desa Memiliki Kemampuan Menulis Blog". Mekanismenya mendekati perangkat desa berkomunikasi dengan mereka dan menjelaskan tentang manfaat sebuah blog desa.

Apalagi kini sebuah gerakan bernama Desa Membangun, mempunyai program #1000webdesa. Program ini sudah launching beberapa waktu lalu yakni memberikan domain free kepada masyarakat desa untuk membuat sebuah website.

Dalam tindakannya nanti, saya akan mengajukan surat permohonan yang sudah ditandatangani Kepala Desa. Kemudian discan dan dikirimkan ke email Gerakan Desa Membangun. Untuk proses aktivasi berdasarkan pengalaman teman, sekitar 1 minggu.

Domain sudah siap dan tinggal mengajari perangkat desa bagaimana cara membuat email, membuat akun blog dan cara menulis artikel. Pekerjaan ini memang butuh kesabaran karena sebagian dari mereka awam dengan komputer apalagi internet.

Pembelajaran akan saya lakukan 2 minggu sekali, agar mereka tidak mudah jenuh dan bisa ingat materi yang diajarkan secara berulang-ulang. Targetnya dalam kurun waktu 3 bulan, mereka bisa menulis dengan baik dan mengunggah berbagai kegiatan desa ke dalam tulisan disertai foto.

Mereka juga akan menjadi kontributor tetap di website desa sekaligus pengelola. Sedangkan aku sendiri akan terus menampingi sampai bisa mandiri baik itu cara menulis, mengupload foto dan share melalui sosial media.

Selain Sidaharja, desa lain yang akan menjadi sasaran Proyek Monumental Tahun 2014 adalah Kertajaya, Sindangangin dan Baregbeg. Dalam pelaksanaan nanti akan menggandeng #relawanTIK Jawa Barat dan Gerakan Desa Membangun.

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan: Proyek Monumental Tahun 2014


Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
December 5, 2013 at 4:44 AM ×

Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Kontes Unggulan : Proyek Monumental Tahun 2014
Akan saya catat sebagai peserta
Keep blogging
Salam hangat dari Surabaya

Balas
avatar
admin
December 5, 2013 at 8:25 AM ×

wah ide bagus tuh bang
bisa dicoba dilakukan.. sementara ini kampungku sudah ada, cuman adminnya males2an dan saya juga jarang ketemu...

Balas
avatar
admin

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment