-

Gunung Srandil, Tempat Berziarah Fenomenal di Cilacap

Aroma dupa yang begitu menyengat nampak sangat terasa ketika aku menginjakkan kaki di sebuah bangunan paguyuban kepercayaan. Bangunan besar laksana gedung serbaguna yang dipenuhi dengan patung budha, pakaian selendang serba biru menggambarkan Ratu Laut Kidul dan kembang sesaji plus bakaran kemenyan di bawahnya.

Saya yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Srandil ini juga melihat papan/plat bergambar Semar dengan angka 1610 di bawahnya. Angka tersebut pun memiliki sebuah makna sendiri. Apabila dibaca 1610 (Satu Enam Sepuluh) bermakna adil, tetapi bila dibaca (enam belas sepuluh) bermakna celaka. Keterangan makna angka ini saya peroleh dari Kang Rohman, pengantin pria yang beristrikan orang Srandil.

Setelah puas tengak-tengok benda-benda di ruang paguyuban tersebut, kami yang suka dengan photo-photo langsung ambil posisi untuk bergaya. Bukan sekedar sebuah narsis, tetapi memberikan bukti otentik bahwa kami memang benar-benar berada di Gedung Paguyuban Kepercayaan di Srandil, Cilacap.

Lokasi gedung tersebut juga tidak jauh dari Gunung Srandil karena berjarak 200meter. Mengendarai sepeda motor dan menitipkannya di tempat parkir, kami pun langsung masuk ke dalam dengan penuh rasa penasaran (maklum baru pertama kali). Hidung ini kembali bergerak-gerak layaknya mencium sesuatu yang ternyata aroma dupa dan bakaran kemenyan dari berbagai sudut di area gunung Srandil.

100 meter dari pintu gerbang, kami langsung menuju ke puncak Gunung Srandil yang merupakan petilasan pengawal semar dan juga bangunan tempat menyimpan pusaka. Melihat pemandangan dari puncak gunung juga sangat menakjubkan karena kami bisa melihat laut selatan dengan jelas. Bendera merah putih pun berkibar di sana dengan gagahnya.yakni 10meter ke selatan dari bangunan pusaka.

Sebelum turun dan berpamitan kepada juru kunci di sana, kami sempatkan bertanya-tanya tentang kebiasaan orang yang datang. Kebanyakan peziarah datang ke Gunung Srandil untuk mendapatkan berkah agar tujuannya terkabul. Pendapat salah seorang pengunjung yang terlihat rapi laksana pengusaha, menuturkan bahwa ke Gunung Srandil hanya sebagai perantara. Mereka sepenuhnya meminta sesuatu kepada Sang Pencipta dengan berharap berkah di Gunung Srandil. Entah musrik atau tidak semua kembali kepada niat.


Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment