-

Sindanghaji Penghasil Oyek dan Gembus

Makanan tradisional yang berasal dari singkong di pedesaan yakni oyek dan gembus. Makanan ini dibuat dengan waktu yang cukup lama yakni 5 jam selama pengolahannya. Tentu saja ini usaha ketelatenan dan kerja komitmen agar menghasilkan gembus atau oyek yang nikmat dan gurih.

Oyek itu sendiri merupakan makanan pengganti beras yang dibuat dengan cara merendamnya di dalam air selama kurun waktu rata-rata 3 hari. Setelah itu singkong yang dijemur diangkat untuk ditiriskan. Selang beberapa lama, singkong yang sudah lunak tersebut dimasukkan ke dalam ayakkan yang agak longgar lubangnya.

Singkong yang sudah hancur digoyangkan ke kanan dan kiri, untuk menghasilkan oyek yang bagus biasanya ayakannya tidak terlalu longgar lubangnya. Setelah singkong yang diayak keluar dari ayakan tadi, kini kita tinggal menjemurnya sampai agak kering.

Kalau untuk memasaknya itu kita harus rendam dulu oyek selama semalam atau kurang lebih 10 jam agar melar. Paginya kita kukus dengan menggunakan kusan seperti masak beras pada umumnya. Bila ingin lebih nikmat memakan oyeknya, bisa tambahkan urab, sambal terasi dan kathing goreng.

Gembus makanan sejolinya bakso/pecel

Gembus Sindanghaji 
Untuk membuat gembus, caranya kita  kupas singkong dalam jumlah banyak. Selanjutnya diparut menggunakan mesin, masukkan ke dalam karung untuk diperas agar kandungan airnya keluar. Kukus ampas singkong tersebut selama 2 jam dengan memasukkan kayu sebesar ukuran tongkat di bagian tengah agar sirkulasi udara merata. Ini untuk membuat kematangan sempurna.

Ampas atau perasan singkong yang sudah dikukus akan menggumpal seperti ketan yang dimasak. Kemudian kita letakkan di meja yang sudah diberi alas, dipukul-pukul sampai rata hingga agak dingin. Selanjutnya tinggal kita iris sesuai ukuran gembus yang kita inginkan. Gembus Sindanghaji yang bisa anda nikmati di tempat saya, pembuatnya bernama Jaman atau bisa dipanggil Sankasdik.

Kemudian oyek yang sudah diayak dan dijemur tadi, langsung kita masak terlebih dahulu. Namun kembali kita jemur agar oyek bisa bertahan cukup lama di gentong. Warga Sindanghaji Sidaharja Lakbok Ciamis ini, sudah membuat oyek sejak puluhan tahun silam.




Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun.

Buat yang pengen lihat kehebohan kami di Youtube, silahkan lihat di sini https://goo.gl/FQGQku atau https://goo.gl/1ufXwB Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment