-

Pertanian Padi Organik

Pertanian saat ini memang sedang digalakan untuk beralih menggunakan media pemupukan organik. Artinya dalam hal ini segala yang terlibat dalam proses bercocok tanam mengarah ke arah naturalisasi. Cenderung penggunaan zat organik sudah urgent untuk terus dikembangkan agar masyarakat lebih sehat dalam kehidupannya. Hal ini juga sesuai dengan program pribadi saya sendiri di Sindanghaji, Sidaharja, Lakbok, yang ingin mengembalikan kondisi tanah agar unsur hara yang dimiliki dalam kondisi Ph normal.

Usaha mengembalikan kondisi tanah yang biasanya menggunakan media pestisida, urea dan zat aditif lainnya tentu tidak semudah mengembalikan telapak tangan. Kita harus tekun untuk mengontrol kondisi Ph tanah sesuai dengan batas normal kesuburan tanah. Mengenai metodenya tentu saja memanfaatkan unsur tanaman yang sudah mati untuk dijadikan sebagai kompos. Saya sendiri menggunakan rumput dengan dicampur dedaunan kering, dimasukkan ke dalam plastik yang ditempatkan dalam lubang selebar 3x3 meter dengan kedalaman 1 meter.

Dedaunan kering dan juga rumput akan terurai dengan baik, karena kita membantu penguraiannya dengan memanfaatkan EM4 sebagai zat pengurainya. Untuk EM4 ini tersedia di toko pupuk/pertanian dengan harga Rp 20.000,- kemasan botol kuning ukuran 1 liter. Dedaunan kering yang dicampur rumput tadi ditutup selama kurang lebih 2 minggu. Namun sebelumnya kita juga harus sering membolak-balikkan rumput tersebut secara rutin agar proses penguraiannya merata.

Saat pupuk ini sudah terurai secara keseluruhan, kita bisa menaburkannya ke petak sawah tepatnya pada musim pengolahan sawah. Ketika pembajakan pertama menggunakan traktor, kita bisa menaburkan pupuk kompos tersebut. Kemudian tanaman padi yang sudah ditanam dengan umur 6 hari kita semprot dengan memakai EM4 sebagai pupuk organik cair plus penetrasi tanah.

Untuk mendapatkan hasil padi yang memuaskan dengan kondisi Ph tanah normal biasanya butuh waktu 1 tahun atau 3 kali masa panen. Sebuah usaha yang membutuhkan ketekunan karena hasilnya untuk kesehatan sendiri maupun banyak orang. Selain hasil melimpah yang didapat dari pertanian padi organik ini, harga jualnya juga sangat tinggi yakni 2x lipat dari harga padi biasa.



Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment