-

Melek Internet Kalangan Pesantren

Santri Belajar Internet

Ketika berkunjung ke rumah salah seorang sahabat #KBC yakni Sobat Bercahaya, saya bersama dengan Ahmad Fauzan dan Suropeji ngobrol ngalor ngidul untuk membahas mengenai rencana program sosial #JihadIT. Program ini merupakan gagasan kita bersama terhadap kepedulian bangsa di sekitar tempat tinggal untuk melek media internet. Mengenai slogan #JihadIT itu muncul dari pemikiran sobat Ahmad Fauzan. Entah sedang memikirkan apa, tiba-tiba Fauzan nyeloteh mengenai sebuah slogan yang bermakna perjuangan namun digabungkan dengan internet yakni IT.

Program #JihadIT ini rencananya akan dilaksanakan di daerah Tasikmalaya bekerja sama dengan Iteung Justina yang juga perduli akan pendidikan masyarakat agar melek internet. Selama ini Justina menilai bahwa para santriman/santriwati di daerah Tasikmalaya hanya berguru satu arah yakni mengaji. Padahal kebutuhan akan melek aksara termasuk internet juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya. Untuk itu dirinya dengan sekuat tenaga mencoba menggedor para pembesar di pondok-pondok pesantren daerah Tasikmalaya agar mau membuka diri menerima pembelajaran internet.

Alhamdulillah perjuangan panjang selama 5 tahun ini telah membuahkan hasil yakni ulama-ulama besar pemegang Pondok Pesantren di Tasikmalaya khususnya Singaparna telah membuka pintu bagi para relawan yang bergerak di bidang internet untuk membantu santri mengenal plus memahami akan pentingnya penggunaan internet di masa modern. Hal ini juga merupakan sebuah keseimbangan di mana mencari ilmu bukan hanya untuk urusan akhirat saja, melainkan ilmu pengetahuan dunia juga wajib untuk digali lebih dalam sebagai penyeimbang.

Pembelajaran internet ini dengan slogannya #JihadIT rencana akan membawa perangkat komputer yang terpasang pada mobil yang sudah dilengkapi peralatan penangkap sinyal baik itu V-Sat atau media lainnya agar komunikasi internet berjalan mulus. Apa yang kita lakukan ini merupakan murni program sosial atas inisiatif khususnya dari kepedulian Justina akan pentingnya membuka gerbang dunia melalui internet. Materi yang akan diajarkan nanti paling fokus pada bidang blogging. Santri akan diajari cara membuat email, blog hingga cara menulis blog sampai faham. Semoga perjuangan ini akan mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak hingga kawasan Asean.


Terima pesanan Melia Propolis untuk mengobati segala macam penyakit. Pesan 7 paket Harga Rp 3.900.000,- Free Ongkos Kirim. Kontak 085871265667 atau 085221882886. Sehat ada di tangan kita, dan produk ini juga dapat digunakan untuk mengobati HIV/AIDS.


Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment