-

Pangandaran Sejuk Nan Indah

Pantai Barat di atas pasir putih

Mendengar kata "Pangandaran" mungkin bukan hal yang baru bagi warga Jawa Barat dan sekitarnya. Tetapi walaupun belum begitu asing di telinga, sudahkah kita mengunjungi Pantai yang memiliki panorama alam dan pantai yang indah ini? Kalau hanya sekedar menikmati wacana dari televisi atau koran, cerita dari tetangga yang habis berkunjung, itu saya rasa kurang alias omong kosong. Harus ada bukti nyata bahwa kita pernah mengunjungi, kalau bukan kita yang meramaikan potensi wisata di daerah sendiri, lalu siapa lagi?

Pangandaran merupakan wilayah pemekaran baru dari Kabupaten Ciamis. Kabupaten Pangandaran ini memiliki 10 kecamatan lebih dan 3 kecamatan diantaranya merupakan daerah pesisir yakni Kecamatan Parigi, Kecamatan Cijulang dan Kecamatan Pangandaran. Sebagai Kabupaten yang baru, tentu masih dijabat oleh PLT Bupati sebagai kepala pemerintahan. Untuk pengukuhan dan pemilihan Bupati yang baru masih dalam tahap perencanaan.

Potensi kabupaten pangandaran sendiri selain dari sektor wisata laut, juga terdapat wisata yang terletak di Kecamatan Cijulang yakni Green Canyon. Merupakan sebuah tempat wisata yang memiliki pemandangan sungai hijau bersih hingga menuju ke sebuah goa dengan jarak tempuh sekitar 1 jam. Penghujung atau wilayah Green Canyon terdapat sebuah curug yang airnya segar banget untuk mandi. Pastikan ketika anda berkunjung ke Pangandaran sekaligus mampir ke GreenCanyon yakni 16km ke arah barat dari Kecamatan Pangandaran.

Gambaran lain yang bisa dinikmati dari Pangandaran ini yaitu cagar alam. Di dalamnya terdapat beragam hutan kayu heterogen dan dihuni oleh puluhan monyet yang sudah jinak. Anda tidak diperkenankan terlalu dekat karena bila tidak bisa menguasai keadaan bisa-bisa anda diserang. Fasilitas tambahan untuk mengunjungi lautan ini dipersiapkan perahu dengan tarif Rp 10.000,- per orang. Anda akan dibawa menuju pasir putih dan terlebih dahulu melewati bebatuan karang yang tembus pandang. Wow sungguh fantastis.

Anda capek berenang dan berkeliling di pantai Pangandaran, ada alternatif lain bila merasa bosan. Pergi ke arah barat kurang lebih 10km, ada sebuah pantai dan juga perbukitan yang terletak di bibir pantai, tempat tersebut bernama Batu Hiu. Memasuki tebing yang bawahnya langsung ombak dengan batu karang terjal, sangat menantang dengan arus yang sangat deras. Begitu derasnya memang hingga kita tidak diperbolehkan berenang di sana.




Sedia kebutuhan Propolis untuk segala macam penyakit seperti HIV AIDS, Jantung, Katarak, Liver dan lain sebagainya. Untuk 1 Paket Rp 600.000,- 3 Paket Rp 1.700.000,- 7 Paket Rp 3.900.000,- Pemesanan silahkan kontak ke 085871265667 Akan saya terima langsung.


Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment