-

Sidaharja Desa Terkaya Se-Ciamis


Tidak sengaja mendapat banyak pencerahan atau lebih tepatnya pandangan baru mengenai keadaan di Desa Sidaharja. Sebuah informasi dari seorang warga yang sangat giat menggerakkan para pemuda Karang Taruna. Perbincangan dengan seorang anggota BPD Sidaharja bernama Rasimun dengan seorang warga tersebut, menarik perhatian saya untuk mendekatinya. Mencengangkan karena terdapat statement bahwa Sidaharja merupakan desa terkaya di Kabupaten Ciamis.

Saya sangat kaget dan ternyata memang benar fakta yang ada di Sidaharja, kekayaan yang ada begitu berlimpah dan bisa untuk kemakmuran rakyat apabila dikelola dengan baik. Salah satu kekayaan yang paling menonjol adalah sebuah tanah raja. Merupakan sebuah wilayah perbukitan milik negara yang terletak di kampung Sindanghaji dengan luas 42 Ha. Kondisi tanahnya memang sebagian merah, namun bisa ditanami berbagai tanaman seperti kayu-kayuan dan ubi-ubian.

Masyarakat setempat yang berada di Kampung Sindanghaji lebih banyak memanfaatkan tanah raja tersebut untuk menanam ubi kayu. Memang hal itu menjadi primadona karena sudah bertahun-tahun masyarakat lebih menyukai bercocok tanam jenis ubi kayu. Pernah tanah raja disewa oleh seorang pengusaha bernama Wardini. Perbukitan tanah raja yang begitu luas tersebut ditanami dengan kayu Albasia. Bahkan karena begitu luasnya, sang pengusaha tersebut membuatkan jalan raya di area hutan tersebut.

Namun kebobrokan kembali terjadi lantaran pekerja yang ditugaskan sebagai mandornya melakukan tindakan menyimpang, yakni berani menjual kayu-kayu yang ada di sana hingga berulang kali. Perbuatan ini membuat kerugian besar bagi Wardini. Oleh karena kejadian tersebut, tidak berlangsung lama akhirnya pengusaha itu mengalami kebangkrutan.

Kekayaan lain milik Sidaharja selain tanah raja tersebut juga ada pentasan penyebrangan lintas propinsi yang terletak di Dusun Kedawung. Omset harian penyebrangan tersebut bisa hampir 1 juta. Penghasilan tersebut apabila dikelola dengan baik tentu bisa membawa banyak manfaat besar guna pembangunan Sidaharja. Pasar maupun sawah di Sidaharja juga bernilai banyak apabila tata kelola berlangsung baik.



Sedia Blangkon berbagai ukuran, Call Me 085871265667
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment