-

Pentingnya Pertolongan Pertama

Banyak orang yang mengira bahwa ilmu pertolongan pertama hanya ditujukan untuk kejadian kecelakaan. Itu sebabnya PMI (Palang Merah Indonesia) Indonesian Red Cross mengubah istilah PPPK (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) atau P3K menjadi Pertolongan Pertama (PP) First Aid.

Pengubahan istilah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada relawan PMI khususnya dan masyarakat pada umumnya. Pertolongan Pertama ini menjadi cakupan yang sangat luas, artinya segala kejadian yang bukan kecelakaan lalu lintas bisa dicegah tingkat keparahannya dengan tindakan pertolongan pertama.

Kejadian kecil yang sering kita temui di kampung tempat kita tinggal misalkan, terjadinya luka sayat akibat terkena pisau maupun silet. Melalui pembekalan ilmu pertolongan pertama yang diajarkan PMI, mereka bisa melakukan tindakan tersebut dengan cepat dan tepat. Bila memang skala lukanya kecil cukup penanganan sendiri tanpa harus ke dokter atau pun rumah sakit.

Pengetahuan pertolongan pertama ini sesuai tujuannya yaitu mencegah terjadinya kejadian yang lebih parah sebelum dilakukan rujukan ke rumah sakit atau puskesmas. Masyarakat yang terlatih dengan ilmu pertolongan pertama, sanggup menghadapi kejadian darurat termasuk bencana kapan pun di manapun.


Ayo donorkan darahmu di PMI terdekat, setetes darah anda menolong jiwa orang lain.


Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
July 22, 2013 at 11:42 PM ×

wah takut jarum saya bang :(

Selamat intan sukma berembun dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment