-

Mengapa PMI

Begitu banyak organisasi sosial yang muncul saat ini, dengan bendera dan tujuan berbeda. Bendera dengan tujuan baik itu politik, kampanye dan lebih parah adalah untuk kepentingan golongan sendiri. Artinya mereka bergerak bukan dari kemurnian hati membantu, melainkan banyak tujuan dibalik itu semua yakni menarik sebanyak mungkin simpatisan.

Melihat latar belakang yang ada tersebut, PMI sebagai satu-satunya organisasi yang menjunjung tinggi prinsip kenetralan tetap berpegang teguh pada ketujuh prinsip palang merah. PMI dengan ketujuh prinsip yang ada tersebut, menjadikan satu-satunya organisasi kemanusiaan yang dapat menerobos berbagai situasi.

Pengembangan kapasitas relawannya itu sendiri tentunya sangat penting untuk dilakukan, mengingat intensitas bencana kian meningkat. Hal ini diperparah dengan perubahan iklim atau pun musim yang terjadi secara cepat, Beberapa ilmu yang perlu diterapkan di sini yakni Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat (KBBM).

PMI dengan salah satu prinsipnya yakni Kenetralan akan terus dipercaya oleh pihak manapun, dengan catatan person yang terlibat di PMI tersebut bebas dari jabatan publik, merangkap jabatan, tidak terlibat di organisasi politik dan lain sebagainya.

Seperti itulah kenapa PMI harus selalu di garda depan, semangat perjuangan relawan dan berbagai permasalahan di PMI terkait RUU Kepalangmerahan harus segera dibenahi dan diketok palu. Agar PMI punya payung hukum yang jelas, dan relawan pun nyaman dalam bertindak di lapangan.

Saya berharap semoga kedatangan Marzuki Ali ke Selorejo di rembug bareng relawan dengan komitmennya bisa benar-benar segera direalisasikan. Selanjutnya tugas-tugas relawan di lapangan bisa tercover dengan baik, nyaman dalam bertindak.
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment