-

Padusan Pra Ramadhan

Musim liburan sudah di depan mata dan banyak warga berbondong-bondong untuk memanfaatkannya. Mereka ada yang dari luar kota hingga mancanegara, saling berhimpitan di tempat wisata. Berdasarkan pengamatan saya kemarin, lalu lintas kendaraan semakin meningkat lantaran sore tersebut adalah waktu terakhir untuk padusan.

Dalam istilah Jawa, padusan merupakan suatu budaya mandi di tempat umum secara beramai-ramai. Maksud dari kegiatan itu yakni mengharapkan berkah agar memasuki masa Bulan Ramadhan dalam kondisi suci. Masyarakat yang mengikuti padusan ini bukan hanya penduduk lokal saja, terdapat pula dari luar kota termasuk bule.

Beberapa lokasi yang menjadi tempat padusan, diantaranya Pantai Parangtritis, Depok, Pandansimo dan beberapa pantai lain di Kabupaten Bantul. Hal itu terlihat karena arus lalu lintas yang menuju ke selatan melalui jalan parang tritis begitu padat.

Sementara itu, arus lalu lintas yang menuju Klaten dari Prambanan juga meningkat tajam. Kemacetan pun terjadi di jalur tersebut, sehingga waktu tempuh yang biasanya 1 jam bisa molor hingga 2 jam. Informasi yang saya himpun, ternyata di Klaten juga terdapat lokasi yang digunakan untuk padusan. Akibatnya kemacetan pun tak bisa terhindarkan.



Sedia Blangkon, Lampion dan Keris untuk hiasan. Hubungi 085871265667 an Bangmisno


Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment