-

Asyik dan Aman Mudik, Yuks Baca Tipsnya

Tukang Piano Turut Menyaksikan Tips Mudik Asyik dan Aman Garda Oto

Menjelang hari raya Idul Fitri, tentu banyak orang ingin berkumpul bersama keluarga tercinta baik itu di pedesaan maupun perkotaan yang berbeda tempat. Kebanyakan orang memang mengistilahkan mudik dengan pulang kampung dari Ibukota negara yakni Jakarta ke daerahnya masing-masing. Padahal mudik juga dimaksudkan buat mereka yang tinggalnya untuk mengais rejeki jauh dari rumah orang tuanya.

Moment lebaran tentu dimaksudkan untuk berkumpul dengan keluarga tercinta. Orang sibuk mempersiapkan perlengkapannya untuk mudik. Segi keamanan dalam mudik juga perlu diperhatikan agar asyik dan aman. Lantas hal apa saja sih yang perlu diperhatikan agar mudik terasa asyik dan aman? Berikut penjabarannya.

1. Persiapkan Perbekalan
Perjalanan jauh ke daerah tujuan yang melebihi 9 jam seperti Ciamis/Banjar tentu saja harus menyiapkan perbekalan yang cukup ekstra. Hal ini tentu saja sangat mendukung kenyamanan perjalanan anda yang menyita cukup banyak waktu tersebut. Perbekalan ini lebih ke arah logistik, yakni ketersediaan ransum selama perjalanan. Walau pun dirasa banyak warung bertebaran di pinggir jalan, tetapi perbekalan dari rumah mutlak diperlukan.

2. Perlengkapan PP
Dalam perjalanan tentu kita tidak bisa menduga apa yang akan terjadi di perjalanan. Kondisi tubuh yang lelah bisa saja membuat sesuatu yang diinginkan terjadi misal masuk angin, muntah-muntah dan lain sebagainya. Untuk itulah kita harus mempersiapkan perlengkapan PP (Pertolongan Pertama). Peralatan tersebut berguna sekali karena hambatan berupa masuk angin terkadang terjadi saat jauh dari medis.

3. Kendaraan
Mudik enak memang menggunakan kendaraan pribadi. Karena bisa membawa segala macam perlengkapan tanpa perlu repot harus angkut sana sini seperti naik bus. Membawa mobil khususnya, bisa menambahkan space di atas mobil dengan ditutupi terpal agar aman. Tentu kendaraan yang kita bawa harus dalam kondisi prima, artinya sebelum pemberangkatan mudik, service terlebih dahulu untuk memastikan kelayakan kendaraan. Saat perjalanan dimulai, pastikan pula peralatan standar guna service ringan kendaraan termasuk cadangan roda/ban.

4. Peta Mudik
Perjalanan mudik kerap terjadi kemacetan lantaran sekarang banyaknya kendaraan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Tentu saja kita perlu memahami beberapa point penting terkait banyak hal diantaranya Pom Bensin alias SPBU, Rumah Makan/Angkringan, Masjid, Jalur Alternatif, Tempat Service Kendaraan seperti Garda Oto misalnya dan lain sebagainya. Peta mudik ini sangat membantu kita untuk menyusun strategi darurat apabila keadaan yang tidak terduga dialami.

Penting untuk diketahui bahwa mengasuransikan kendaraan berguna sekali apabila keadaan darurat terjadi. Seperti terjadinya pencurian, kendaraan rusak karena terjadi pergesekan akibat macetnya jalanan dan lain sebagainya. Asuransi mobil yang tepat seperti Garda Oto misalnya, sangat membantu apabila kita mengalami keadaan darurat tadi. Pentingnya Asuransi Mobil ini perlu dipahami manfaatnya agar kita bisa antisipasi terhadap sesuatu yang tidak terduga.

6. Uang Cash and ATM Card
Perbekalan yang satu ini juga sangat penting fungsinya, yakni sebagai alat pertukaran. Uang bisa digunakan untuk membeli BBM, makanan dan lain sebagainya selama di perjalanan. Tentu saja juga bisa dibagikan kepada saudara kita di kampung halaman.

7. Menepi Saat Lelah
Pastikan saat perjalanan sudah dalam kondisi fit. Manakala di perjalanan mengalami kelelahan maupun rasa kantuk, pastikan anda menepi terlebih dahulu minimal ke POM Bensin atau pun halaman masjid. Bila memang terlalu amat terkantuk menepi saja di manapun berada. Kratingdaeng atau kopi bukan obat utama, hanya menjaga sementara dari rasa kantuk. Istirahat saja walau tertidur hanya satu jam, itu sudah bisa mengobati hilangkan rasa kantuk. Ini demi kenyamanan dan keamanan anda di jalan.

8. Gadget
Alat teknologi yang satu ini berperan sekali dalam hal panduan peta seperti GPS misalnya, karena kita bisa track rute perjalanan. Gadget juga bisa kita manfaatkan untuk melihat hiburan online atau pun sekedar ngaBLOGburit yaitu aktivitas menunggu waktu berbuka puasa dengan ngeblog, untuk ikuti lomba dari blogdetik misalnya. Tentu sebagai blogger mudik, setiap moment di perjalanan bakal menjadi bahan postingan yang menarik.

Itulah beberapa tips agar perjalanan mudik asyik dan aman. Semoga perjalanan mudik anda lancar hingga tujuan.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun.

Buat yang pengen lihat kehebohan kami di Youtube, silahkan lihat di sini https://goo.gl/FQGQku atau https://goo.gl/1ufXwB Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment