-

Diam Bila Tak Ingin Terlihat Bodoh

Masih teringat akan pembicaraan di bus dengan penumpang asal Klaten terkait banyak hal, salah satu diantaranya mengenai materi donor darah. Terkait hal ini beliau menuturkan bahwa donor darah kita kasih gratis koq pas mau butuh kita harus bayar.

Lantaran persoalan ini dan belum dipahami alur yang harus diketahui, akhirnya kakak ipar mba Erni ini (nama perempuan tersebut setelah ku berkenalan) memberikan kesan negatif bahwa PMI memperjual belikan darah. Sebetulnya hal yang harus dipahami adalah bahwa segala bentuk kebutuhan yang digunakan dalam proses pengolahan darah itu membutuhkan biaya.

Biaya yang meliputi kantong darah (karena Indonesia belum bisa produksi sendiri dan masih import), biaya pemeriksaan terhadap virus semacam HIV AIDS, Hepatitis dan lain sebagainya termasuk tenaga UDD itu sendiri. Artinya saat kita menyumbangkan darah memang gratis, tetapi bila kita butuh darah ya biayanya untuk penggantian tadi di atas.

Bila negara kita sudah bisa produksi kantong darah sendiri, paling tidak itu bisa mengurangi biaya produksi pengolahan darah. Sehingga darah yang sehat dan aman bisa dijangkau oleh kelas masyarakat menengah ke bawah.

Apa yang akan disampaikan dalam pembicaraan ini adalah saat si mba Erni berbicara banyak hal mengenai keluh kesah yang dialami kakak iparnya terkait donor darah, lalu saya pun menjelaskan secara gamblang dari keseluruhan proses pengolahan darah. Akhirnya si mba itu pun memahami mengapa saat kita donor tidak dibayar dan saat butuh darah harus bayar.

Kemudian saat berbicara mengenai hal lain di luar materi donor darah tadi, dia lebih memilih diam dahulu apabila materi yang kita diskusikan belum dipahami. Karena dia pernah dapat petuah bahwa "Lebih baik diam bila tak memahami agar tak kelihatan bodohnya".

Pesan yang singkat namun dalam maknanya dan benar bahwa saat kita tidak paham sesuatu jangan asal bicara melainkan pelajari dan pahami dahulu. Setelah benar mengetahuinya tentu kita bisa berbicara sebagai tanda peran aktif dalam suatu forum.


Sedia Blangkon Klewer Harga 35ribu IDR, Kontak 085221882886


Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment