-

Apa Sih Klewang Itu

Masih teringat berbagai pembicaraan hangat di Bantul 25-26 Mei yang lalu, saat para relawan dari berbagai penjuru tanah air berkumpul di sana. Pembicaraan yang bertujuan untuk rembug terkait pembenahan AD/ART PMI yang dinilai banci, juga tentang candaan yang mengiringi berbagai aktivitas selama di sana.

Namun dari sekian obrolan santai yang kami lalui, ada satu kata yang masih belum aku pahami dengan baik. Klewang. Ya inilah satu dari sekian banyak bahan candaan yang menurut saya masih asing di telinga dan fikiranku.

Seolah ingin mengetahui lebih dalam tentang makna klewang ini, aku pun terus berputar memutarkan otak gimana sih atau apa sih klewang itu sebenarnya? (mumet yo ben sing penting entok jawaban). Sembari bertanya-tanya baik ke pak Seto Handoko atau ke Pak Itong, dengan terus mendesak mereka pun akhirnya membawa semacam kode (kode rahasia apa bukan ya).

Satu jawaban yang aku dapatkan dari pak Itong walau harus menyisakan kebingungan akut lantaran seperti apa sih bentuk klewang sebenarnya. Lantaran yang ada dalam pikiran saya, klewang itu adalah pelaku kriminal genk motor yang pernah melakukan tindakan paksa terhadap empat gadis di daerah Jambi.

Ya sudahlah dari pada mumet dan penuh tanda tanya, aku berharap bisa langsung merapat nantinya ke Bantul untuk melihat seperti apa klewang sebenarnya yang sering jadi bahan pembicaraan baik itu pak Seto Handoko ataupun pak Itong. Walau sebenarnya pak Itong pernah menjawab bahwa Klewang itu semacam golok yang dibawa ke alas. Jujur masih bingung apa itu klewang. Sekian.


Jual Blangkon Hubungi 085221882886


Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
June 9, 2013 at 6:13 AM ×

Klewang adalah nama lain dari senjata tradisional Indonesia: golok, parang dan sejenisnya. Bentuknya beragam. Ada yang lurus seperti pedang, ada juga yang agak bengkok di ujungnya. Di jaman penjajahan, selain bambu runcing, klewang adalah senjata yang digunakan untuk berperang. Silakan cari gambar2nya di Kaskus atau mbah Google dengan kata kunci: klewang Jogja. (Pak Itong)

Selamat Toto Karyanto dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun.

Buat yang pengen lihat kehebohan kami di Youtube, silahkan lihat di sini https://goo.gl/FQGQku atau https://goo.gl/1ufXwB Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment