-

Pepaya California, Komoditas Unggul yang Belum Teroptimalkan

 Pepaya California Komoditas Unggulan
Salah satu hasil pertanian yang masih populer di kalangan masyarakat Indonesia saat ini diantaranya adalah pepaya jenis California. Pepaya ini memiliki hasil buah yang lebat dan berbunga dalam waktu yang lebih cepat yakni sekitar 3 bulan sudah menampakkan pucuk bunga sebagai tanda mekar.

Pepaya jenis california ini sekitar satu tahun  yang lalu masih hangatnya jadi bahan perbincangan di kalangan petani di wilayah Lakbok, Banjar. Pasalnya pepaya california ini selain masa panen yang lebih cepat, tiap buahnya juga bisa memiliki bobot yang cukup berat yakni dua kilogram lebih.
Perawatan memang cukup rumit namun juga tak terlalu mudah, kita hanya butuh ketelatenan. Sekedar tips saja mengenai cara berbudi daya tanaman buah jenis california ini. Beberapa langkah mudahnya yang harus diikuti dengan baik yakni buat lubang tanam berbentuk kubus dengan jari-jari 40 cm.
Masukkan pupuk kandang baik kotoran sapi, kambing, kerbau atau kotoran manusia juga boleh aja sih asal kuat aja cium baunya. Tambahkan satu sendok adukan rabuk yakni menggunakan sendok yang biasa digunakan oleh tukang bangunan untuk mengambil adukkan pasir semen. Sertakan pula pupuk jenis TS yakni pupuk berwarna gelap berunsur Sulfur dan Fosfat, bukan urea lho (ingat yaaa).

Diamkan dahulu selama seminggu pupuk yang sudah dicampur pupuk TS dan rabuk tersebut. Setelah satu minggu berlalu baru kita tanamkan bibit buah pepayanya dengan standar operasi penanaman pohon buah. Perlu diketahui bahwa mendiamkan campuran pupuk tersebut adalah agar terurai dengan tanah dan menghilangkan uap panas dari pupuk kandangnya. Mengenai penggunaan rabuk agar pupuk kandang lebih cepat terurai (kata orang pinter sih, bukan orang pinter dukun pastinya).

Setelah memasuki satu bulan lamanya sejak penanaman bibit pohon buah pepaya california ini, buat lingkaran di sekitar tanaman pepayanya dengan diameter 150 cm. Selanjutnya taburkan puradan guna menghilangkan hama baik itu ulat, jamur dan lain sebagainya. Dalam masa perawatan sejak penanaman bibit hingga masa berkembangnya bunga-bunga putik sari tersebut, pastikan gulma berupa rumput liar atau rumput bergoyang dilarang mendekati pohon (bikin rambu-rambu dilarang mendekati area pohon kalau perlu).

Membersihkannya area pohon buah pepaya california ini dari gulma tersebut bisa menggunakan sabit atau dicabut pakai tangan juga bisa. Utamanya sterilkan saja area pohon tersebut dengan radius 1 meter agar pohon pepaya bisa tumbuh dengan baik hingga memasuki masa panen pertama.

Setelah bunga berganti menjadi buah pepaya, lakukan penyemprotan baik semprot organik maupun pestisida dengan kadar secukupnya. Ingat semakin banyak pestisida yang digunakan berbahaya bagi kesehatan manusia juga lho. Penyemprotan buah ini bertujuan agar kondisi buah bebas dari hama yang dapat merusak kondisi buahnya itu sendiri. 
Udah gitu aja sih panduan mengenai cara bertanam pepaya california dengan cara yang mudah. Mengenai cara pemetikkan buah pepaya california yang baik dan tepat nanti akan saya jabarkan dalam waktu berikutnya.
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment