-

Pantai Goa Cemara Bantul Perlu Pembenahan

Pantai Goa Cemara


Berkunjung ke Kabupaten Bantul yang terletak di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini, terasa kurang lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi pantai-pantai yang ada di sana. Salah satu yang paling terkenal yakni Pantai Parangtritis dan terletak di Kecamatan Kretek.

Parangtritis yang letaknya di Kecamatan Kretek ini bisa kita tuju dengan menggunakan bus dari terminal Giwangan, lurus ke arah selatan dan tertuju langsung ke arah Paris ini. Namun selain dari Paris juga ada pantai lain yang tak kalah menariknya, salah satunya bernama Pantai Cemara atau goa Cemara.

Mas Bom Doank berfose diantara pohon Cemara yang laksana goa

Kondisi dari pantai atau goa cemara ini memang cukup menarik untuk dijadikan tujuan wisata, akan tetapi terdapat dua hal yang menurut saya perlu dibenahi. Salah satunya adalah terdapat banyaknya sampah yang bertebaran serta kondisi pantai yang curam akibat abrasi air laut sehingga perlu pembenahan dalam bentuk tindakan nyata penanaman hutan bakau (mangrove).

Pantai Goa Cemara bertebaran sampah

Curamnya Pantai Goa Cemara akibat minimnya hutan bakau dan abrasi air laut
Permasalahan tersebut tentunya harus segera ditindak lanjuti dengan respon cepat agar kondisi di pantai ini bisa kembali menarik minat pengunjung dengan lebih banyak lagi. Tentunya meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan dengan membuang sampah di tempatnya, serta tanam hutan bakau guna mencegah abrasi agar pantai bisa diselamatkan.
 

Goa Cemara Nampak Indah Berjajar Pepohonan dan Tampak Mercusuar


Bila sobat ingin berkunjung ke Pantai Goa Cemara ini, bisa menghubungi saya untuk mengantarkan secara langsung ke lokasi tujuan. Tentu bila membawa satu atau dua bibit pohon bakau sangat kami hargai sebagai tanda cinta lingkungan dan kepedulian terhadap terciptanya dunia yang sejuk nan rindang.

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Seto Handoko
May 27, 2013 at 11:27 AM ×

he..he.., koreksi bozz, Prangtritis di Kecamatan Kretek
Untuk pantai gua cemara ini ada di kecamatan sanden, bersebelahan dengan pantai samas

Balas
avatar
admin
May 30, 2013 at 10:18 PM ×

wah,kotor..sangat disayangkan,perlu adanya suatu gerakan, dimulai dr diri sendiri (pengunjung) untuk tidak membuang sampah sembarangan,disaat berwisata kumpulkan sampah bawaan pribadi lalu buang pd tempatnya

blogwalking ya ke coretannyashifa.blogspot.com :)

Balas
avatar
admin

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun.

Buat yang pengen lihat kehebohan kami di Youtube, silahkan lihat di sini https://goo.gl/FQGQku atau https://goo.gl/1ufXwB Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment