Wednesday, May 8, 2013

Manisnya Legen, Ayam pun Suka

Ayam sedang Minum Legen dalam Ember

Legen memang manis dan rasanya begitu legit menggoda, wajar saja para petani kreatif menggunakannya sebagai minuman siap saji yang biasa diecerkan di jalanan menggunakan roda keliling. Minuman es legen bisa didapatkan dengan harga umum yakni Rp 2.500 dan bila pembelian dilakukan di hotel atau cafe es legen sudah merangkak tiga kali lipat dari harga asli.

Permasalahan bukan dari perbedaan jenis legen yang dipakai baik antara penjual es legen keliling dengan yang ada di hotel atau cafe. Melainkan hanya sedikit perlakuan khusus sehingga menjadikan legen itu memiliki nilai jual yang tinggi. Artinya dengan membangun sebuah tempat yang menarik serta nyaman bagi pengunjung, maka es legen ini bisa kita tawarkan dengan harga yang cukup untuk nambah modal usaha.

Legen ini didapatkan dari manggar muda yang diiris bagian ujung luarnya, pasangkan ember lalu tunggu legen menetes hingga memenuhi ember yang dipasang tadi. Selanjutnya legen tersebut kita ambil dari manggarnya dan saring menggunakan penyaring berupa jaring halus untuk memisahkan serpihan manggar dari legennya. Legen ini bisa langsung diminum atau dicampurkan dengan es maupun minuman lainnya sebagai pelepas dahaga.

2 comments:

  1. ayam bangsawan nih, minumnya aja legen, hahaha... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha tu ayamnya doyan sangat kale mas.. :-)

      Delete

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun.

Buat yang pengen lihat kehebohan kami di Youtube, silahkan lihat di sini https://goo.gl/FQGQku atau https://goo.gl/1ufXwB