-

Semarak Gotong Royong Kerukunan Warga Kampung

Kegiatan gotong royong atau saling membantu antar warga memang masih kental di daerah kampung. Gotong royong di kampung dan biasa disebut dengan kerja bakti tetapi di sebagian desa menyebutnya dengan istilah sambatan.

Sambatan bisa dikategorikan sebagai aktivitas warga yang turut serta membantu salah seorang dari anggota masyarakat saat sedang membangun rumah, mendirikan tratag dan lain sebagainya. Selain itu sambatan ini merupakan tolak ukur kerukunan antar warga, apabila terdapat seorang warga yang tidak hadir dalam acara tersebut ditandai sebagai warga yang tidak guyub
Lingkungan pedesaan memang masih kental dengan aktivitas gotong royong bernama sambatan ini. Selain itu ada pula gotong royong yang diperuntukkan untuk kepentingan pemerintahan seperti pembersihan saluran air, membersihkan rumput di bahu jalan, memasang tiang bendera di pinggir jalan dan lain sebagainya.

Aktivitas gotong royong yang dilakukan guna kepentingan masyarakat umum atas instruksi lembaga pemerintahan biasa disebut dengan istilah Kerigan. Kerigan ini dilakukan biasanya dalam rangka persiapan menjelang ulang tahun proklamasi kemerdekaan, kunjungan presiden dan lain sebagainya.

Gotong Royong Warga Membongkar Rumah



Tampak Beberapa Orang Sedang Membongkar Rumah Warga


Warga Lain Turut Membantu Membawa Genteng

Itulah beberapa gambaran real mengenai kondisi di pedesaan, dimana kearifan lokal masih sangat kental dengan melakukan kegiatan gotong royong bernama sambatan. Ini akan terus terjaga apabila masyarakat lokal menyadari makna pentingnya suatu gotong royong.




Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment