-

Pentingnya Donor Darah Bagi Sendiri dan Orang Lain

 Setetes Darah Anda Selamatkan Nyawa Orang Lain
 
 
Aktivitas donor darah sukarela merupakan kegiatan sosial guna membantu pasokan darah bagi mereka yang membutuhkan dalam keadaan darurat. Melalui donor darah sukarela kita akan dibiasakan berpola hidup sehat dengan rutin melakukan donor setiap tiga bulan sekali.

Bermanfaat bagi orang lain sudah tentu terlebih bagi diri sendiri karena sirkulasi darah menjadi normal. Sirkulasi di sini ibarat proses rantai makanan yang selalu bergulir atau terjadinya siklus yang berkesinambungan.

Siklus dalam darah meliputi masa pembuatan darah melalui sel-sel tulang belakang dengan lama kurun waktunya yang mencapai 8 minggu. Sedangkan waktu dua minggu dibutuhkan oleh tubuh guna memulihkan seluruh sistem dan kondisi darah dalam tubuh.

Jadi yang biasanya donor darah tepat tiga bulan sekali, sebetulnya sudah bisa donor dalam kurun waktu 2,5 bulan sejak pengambilan sebelumnya. Namun dianggap rutinitas donor dengan kurun waktu tiga bulan tepat pun tidak masalah, artinya mempersiapkan diri baik tubuh maupun kesehatan kita agar saat pengambilan darah selanjutnya berjalan dengan baik.

Sirkulasi inilah yang menyebabkan tubuh selalu fit dan fresh, karena darah lama dari dalam tubuh kita dibuang melalui proses donor darah ini. Kemudian tubuh pun akan memproduksi darah dalam kurun waktu seperti yang saya jelaskan di atas. 
 
Manfaat lain tentu saja kita bisa memeriksaan kondisi tubuh kita baik itu tensi darah, kadar haemoglobin dan kesehatan darah dari berbagai penyakit. Artinya darah yang kita donorkan itu tidak serta merta ditransfusikan ke orang lain, melainkan melalui proses pemeriksaan laboratorium. Jika kedapatan terdapat gangguan baik itu virus semacam HIV misalnya, akan diberitahukan secara personal melalui surat resmi.
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun.

Buat yang pengen lihat kehebohan kami di Youtube, silahkan lihat di sini https://goo.gl/FQGQku atau https://goo.gl/1ufXwB Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment