-

[Harmoni Indonesiaku-TokoOn.com] Keanekaragaman Budaya dan Keindahan Alam Itulah Harmoni Indonesiaku

 Gapura Pintu 1 Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia merupakan unsur kekayaan yang mencerminkan identitas bangsa Indonesia itu sendiri. Berbagai keragaman mulai dari tarian, pakaian adat, rumah adat, tata cara bersosialisasi dan bahasa daerah merupakan perlambang bahwa Indonesia tersusun atas begitu banyaknya budaya daerah hingga membentuk satu kesatuan nusantara.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang merupakan suatu objek wisata budaya yang dibangun guna merangkum dari sekian banyaknya budaya daerah menjadi dalam suatu miniatur yang terletak di Jakarta.

Objek wisata Taman Mini Indonesia Indah ini sengaja dibangun guna menunjukkan kebhinekaan dam kekayaan budaya bangsa Indonesia. Kawasan objek wisata ini terbilang megah karena pembangunannya menghabiskan puluhan hektar dan dibangun di atas persawahan dan ladang milik rakyat yang kemudian diubah menjadi kawasan TMII.

Tujuan utama pembangunan TMII ini antara lain memupuk kecintaan budaya dan membina persatuan bangsa, memperkenalkan budaya, adat-istiadat serta perilaku rakyat Indoesia kepada bangsa sendiri dan masyarakat internasional.

Gagasan utama pembangunan ini datang dari Ibu Tien di sebuah pertemuan di Jalan Cendana 8 Jakarta Pusat tertanggal 13 Maret 1970. Saat itu Ibu Tien menyampaikan gagasannya agar dibangun sebuah kawasan yang menggambarkan kemegahan dan keindahan Indonesia dalam bentuk miniatur.

Setelah mendapatkan persetujuan akhirnya dibangun Proyek Miniatur Indonesia Indah yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita melalui SK B-104/Pres/8/1971 oleh Presiden Soeharto tanggal 20 Agustus 1970.

Pembangunan tersebut akhirnya selesai dan tanggal 20 April 1975 diresmikan langsung oleh Ibu Tien. Mengenai logo dibuat saat tahun 1990 menggunakan huruf I dan I yang berarti Indonesia Indah. Maskot yang digunakan yakni tokoh Wayang Hanoman bernama NITRA (Anjani Putra).

 Sumber Foto: www.flickr.com - Bornjavanese

Pandangan sekilas mengenai asal-usul sejarah dari pembangunan TMII tersebut, nampaknya menjadi acuan bagi kita bahwa begitu besarnya kecintaan seorang almarhumah Ibu Negara yakni Ibu Tien. Pemikiran beliau yang perduli akan kekayaan serta keanekaragaman budaya, membuat beliau ingin sekali menyatukan seluruh kebudayaan tersebut dalam satu wadah miniatur yang memuat seluruh budaya di Indonesia.

Bertepatan dengan ulang tahun TMII pula, tanggal 24 Maret 2013 kemarin telah diadakan gathering bertajuk #MuseumdiHatiku yang digelar pihak TMII dengan menggandeng jasa penyedia internet broadband yakni IndosatM2 dan Blogger Reporter Indonesia (BRId) selaku komunitas yang beranggotakan blogger multi platform seperti kompasiana, blogdetik, blogspot maupun blogger personal guna mempublikasikan seluruh rangkaian kegiatan beserta kebudayaan yang ada di TMII.

Ulang tahun TMII tersebut dimeriahkan berbagai festival di setiap anjungan daerah secara bergantian, dan puncaknya akan terjadi pada tanggal 20 April 2013 nanti. Bakal ada banyak sekali kemeriahan di acara tersebut, bagi warga Indonesia maupun wisatawan asing pastikan hadir di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Sabtu, 20 April 2013.

Masih di tempat yang sama yakni TMII dan dalam rangka upaya menanamkan serta melestarikan nilai-nilai kebudayaan nusantara di hati masyarakat Indonesia, Komunitas Blogger Reporter Indonesia kembali mengundang para blogger guna mendukung salah satu program acara HUT TMII ke 38 pada acara blogger gathering yang bertema "Harmoni Indonesiaku".

Gathering Blogger tersebut akan dibuka oleh Bapak Thalhah Fakhrizal (GM Adjacent Business Development IM2), disusul oleh Bapak Joko Budiono (Kepala Koordinator Museum TMII), kemudian dari Komunitas Blogger Reporter Bapak Hazmi Srondol. Selanjutnya ada sedikit penjelasan mengenai lomba blog yang bertajuk "Harmoni Indonesiaku" dari panitia IM2.

Dalam acara tersebut akan diulas kekayaan dan keragaman budaya yang ada di setiap anjungan provinsi di TMII, untuk bisa lebih diangkat secara viral marketing dengan dukungan penuh oleh TMII, Komunitas Blogger Reporter Indonesia, e-commerce TokoOn serta layanan Indosat Superwifi.




Lengkap sudah acara di TMII 21 April 2013 lusa, blogger nampaknya dalam mengkampanyekan budaya nusantara di TMII bakal berlari kencang ngeblognya karena didukung oleh Layanan Indosat Superwifi. Selain itu dengan hadirnya e-commerce TokoOn, para blogger bakalan dibekali ilmu bagaimana membuat sebuah Toko Online sebagai sarana bisnis online tersebut.



Mengenai kunjungan wisata budaya yang ada di TMII tersebut, rencananya pihak panitia bakalan membawa para Blogger Reporter Indonesia ke Anjungan Jatim, Jateng dan DIY. Sebuah pusat kebudayaan yang ada di Pulau Jawa ini bakalan dikupas tuntas sampai ke akar-akarnya.


Itulah ragam acara yang bakal digelar hari minggu 21 April 2013 tersebut, dan pastinya blogger bakalan takjub akan keanekaragaman budaya nusantara hingga mengalir deras ide-ide menulis tentang budaya nusantara ini. Harapannya tentu saja minat dan kecintaan terhadap budaya nusantara semakin tumbuh di kalangan bangsa Indonesia, agar jangan sampai menjadi tamu di negara sendiri.
 
Selain itu pula, panitia pun telah menggandeng jasa e-commerce bernama tokoOn yang berbasis alamat di www.tokoOn.com untuk diperkenalkan kepada para blogger yang hadir. Dengan memiliki akun dan alamat subdomain di tokoOn ini, kita bisa berbisnis tanpa harus repot membangun sebuah jaringan situs bisnis online. Semuanya sudah tersedia lengkap di TokoOn ini, dan para blogger yang hadir bakalan mendapat ilmu untuk berbisnis online dengan mudah.
 
 
 
Apa saja yang tersedia di TokoOn ini, tentunya beragam produk hadir di toko online e-commerce yang bakal membuat kita bingung untuk memilih katalognya karena semuanya berkualitas. Salah satu diantaranya yang terkait budaya pula adalah jenis Kain Kebaya Etnik Sabrina. Sebuah kebaya cantik yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau, tentunya dengan kualitas dan bahan yang super nyaman.

Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
April 25, 2013 at 5:18 PM ×

Keren mas reportasenya...

Balas
avatar
admin
April 25, 2013 at 5:24 PM ×

mampir juga ke blogku www.aliemhalvaima.blogspot.com

Balas
avatar
admin
November 13, 2015 at 11:39 PM ×

Terimakasih untuk artikelnya, sangat menarik dan bermanfaat. Saya juga mempunyai tulisan sejenis mengenai jurnal serupa yang bisa Anda kunjungi di http://indonesia.gunadarma.ac.id
Happy sharing!

Balas
avatar
admin

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment