-

Rendahnya Keamanan Cyber Situs Pemerintah

Rendahnya tingkat sekuriti dari situs pemerintah membuat para hacker dengan gampangnya merobek isi website. Situs pemerintah yang sering dihack yakni yang berdomain ".go.id". Mereka melakukan tindakan hacker dengan merubah tampilan dari website itu sendiri. Sejak tahun 2012 lalu telah tercatat 459 kasus serangan deface kepada domain tersebut.



Kalamullah Ramli yang seorang staf ahli menteri bidang teknologi kementrian komunikasi dan informatika republik indonesia, menuturkan bahwa penyebab utama adalah kurangnya persiapan dari sisi keamanan digital saat peluncuran sistem go online.

Pemerintah memang berusaha menjalankan sistem pemerintahan dengan menggabungkan dunia internet alias e-goverment tetapi tidak didukung dengan sistem keamanan internet itu sendiri. Pemerintah hanya sekedar membangun website dan tidak perhatikan sisi cyber security.

Serangan hacker yang marak ini juga merupakan tindak dukungan dari para hacker anonymous terhadap hacker muda yang ditangkap kepolisian beberapa waktu lalu akibat membobol situs pemerintah. Tetapi untungnya sebagian besar ulah para hacker ini hanya sekedar test ilmu. Sumber
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun.

Buat yang pengen lihat kehebohan kami di Youtube, silahkan lihat di sini https://goo.gl/FQGQku atau https://goo.gl/1ufXwB Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment