-

Panembahan Marmagati Sidaharja

Sebuah panembahan yang terletak di Dusun Sindanghaji Desa Sidaharja Kecamatan Lakbok Kota Banjar, merupakan sebuah tempat yang biasa digunakan oleh para dalang, atau pun beberapa orang yang ingin menenangkan fikiran dengan cara begadang semalam suntuk di panembahan tersebut. Tempat yang terletak tak jauh dari masjid jami Assaqatiyah tersebut bernama Panembahan Marmagati.

Panembahan itu masih tetap berdiri kokoh pohonnya, karena tidak ada yang berani menebang pohon tersebut. Pohon pelem yang tingginya kurang lebih 15 meter itu menjadi tempat berteduh bagi para petani yang tatkala siang bekerja di kebon membersihkan kebun mereka dari rerumputan. Sementara pada malam harinya, khususnya pada malam jumat kliwon, banyak para orang tua atau sesepuh maupun dalang termasuk beberapa orang guru yang sengaja bergadang di tempat itu.



Seminggu yang lalu tepatnya saya berbincang banyak dengan seorang guru yang tatkala itu sedang lelayu bersama di tempat tetangga saya. Sela santai kami saling berbincang mengenai panembahan tersebut. Saya memang mengetahui informasi dari teman-teman bahwasanya guru tersebut sering ikut bergadang di Panembahan Marmagati lantaran di ajak kepala desa bapak Turidjo.




Berdasarkan pengakuan atau penuturan dari guru tersebut, rasanya setelah semalaman begadang di bawah pohon panembahan marmagati, hati dan pikirannya menjadi merasa adem dan sejuk. Ketika ada seorang yang datang untuk menagih hutang yang cukup banyak pun, dirinya tidak merasa bingung atau pusing. Pikiran tetap tenang dan selalu menemukan jalan keluar dari permasalahannya. Siapa yang ingin mencoba begadang di Panembahan Marmagati pada malam jumat kliwon besok?
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment