Tuesday, December 17, 2013

Gunung Srandil, Tempat Berziarah Fenomenal di Cilacap

Aroma dupa yang begitu menyengat nampak sangat terasa ketika aku menginjakkan kaki di sebuah bangunan paguyuban kepercayaan. Bangunan besar laksana gedung serbaguna yang dipenuhi dengan patung budha, pakaian selendang serba biru menggambarkan Ratu Laut Kidul dan kembang sesaji plus bakaran kemenyan di bawahnya.

Saya yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Srandil ini juga melihat papan/plat bergambar Semar dengan angka 1610 di bawahnya. Angka tersebut pun memiliki sebuah makna sendiri. Apabila dibaca 1610 (Satu Enam Sepuluh) bermakna adil, tetapi bila dibaca (enam belas sepuluh) bermakna celaka. Keterangan makna angka ini saya peroleh dari Kang Rohman, pengantin pria yang beristrikan orang Srandil.

Setelah puas tengak-tengok benda-benda di ruang paguyuban tersebut, kami yang suka dengan photo-photo langsung ambil posisi untuk bergaya. Bukan sekedar sebuah narsis, tetapi memberikan bukti otentik bahwa kami memang benar-benar berada di Gedung Paguyuban Kepercayaan di Srandil, Cilacap.

Lokasi gedung tersebut juga tidak jauh dari Gunung Srandil karena berjarak 200meter. Mengendarai sepeda motor dan menitipkannya di tempat parkir, kami pun langsung masuk ke dalam dengan penuh rasa penasaran (maklum baru pertama kali). Hidung ini kembali bergerak-gerak layaknya mencium sesuatu yang ternyata aroma dupa dan bakaran kemenyan dari berbagai sudut di area gunung Srandil.

100 meter dari pintu gerbang, kami langsung menuju ke puncak Gunung Srandil yang merupakan petilasan pengawal semar dan juga bangunan tempat menyimpan pusaka. Melihat pemandangan dari puncak gunung juga sangat menakjubkan karena kami bisa melihat laut selatan dengan jelas. Bendera merah putih pun berkibar di sana dengan gagahnya.yakni 10meter ke selatan dari bangunan pusaka.

Sebelum turun dan berpamitan kepada juru kunci di sana, kami sempatkan bertanya-tanya tentang kebiasaan orang yang datang. Kebanyakan peziarah datang ke Gunung Srandil untuk mendapatkan berkah agar tujuannya terkabul. Pendapat salah seorang pengunjung yang terlihat rapi laksana pengusaha, menuturkan bahwa ke Gunung Srandil hanya sebagai perantara. Mereka sepenuhnya meminta sesuatu kepada Sang Pencipta dengan berharap berkah di Gunung Srandil. Entah musrik atau tidak semua kembali kepada niat.


Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Sunday, December 15, 2013

TMII Merupakan Tempat Kopi Darat Paling Seru di Jakarta Menurut Gue

Kenangan Kopidarat Blogger di TMII Maret 2013
Kopi darat bagi sebuah komunitas yang lebih banyak menggandrungi dunia online memang wajib. Apalah arti sebuah komunitas kalau hanya bertegur sapa lewat dumay saja. Kopi darat dapat membawa lebih banyak manfaat, diantaranya adalah menambah kedekatan emosional, memperbanyak pahala, bisa berbagi ilmu secara gamblang dan yang lebih penting adalah unsur silaturahminya.

Sobat blogger, malam ini gue khusus mau posting artikel yang juga untuk lomba dari Komunitas Kopdar Jakarta dengan tema "Tempat Kopi Darat Paling Seru di Jakarta Menurut Gue". Acara ulang tahun #5thnKojak sepenuhnya didukung oleh PT. XL Axiata, Tbk. Sebelumnya mohon maaf kalau saya dianggap kasar saat menulis kata "gue" dijudulnya, hanya mengikuti tema aja koq. Tentunya memperdalam makna dari tema tersebut, kita diajak menceritakan tempat mana saja yang bisa direkomendasikan untuk tempat nongkrong alias Kopi Darat di Jakarta (Kopdar Jakarta) tercinta.

Berkah dapat rejeki dari Kopdar di TMII
Saya memang bukan warga Jakarta dan sebatas jalan-jalan saja mengunjungi Ibukota negara ini. Tujuannya ya kopi darat dengan komunitas blogger dengan mengambil tempat yang sering didatengin TMII. Tempat wisata ini layak banget buat kita jadikan area kopdar, karena selain banyak pemandangan dan hiburan seni budaya, kita juta diajak untuk turut mencintai budaya dan terlebih bisa mengenal budaya asli kita dari berbagai penjuru tanah air (se-Nusantara).

Bulan maret yang lalu tepatnya tanggal 24, saya komunitas blogger reporter (BRid) juga kopdaran di TMII. Pengalaman pertama bagi saya menginjakkan diri di tanah budaya yang dibangun presiden Soeharto. Alhamdulillah ternyata banyak manfaatnya selain sejuk juga sarat akan pendidikan budaya. Kita dikenalkan pada berbagai suku, pakaian adat dan rumah adat mereka. 

Sangat hemat bagi sobat pembaca yang ingin berkeliling nusantara dengan biaya yang murah. Jadi ada 2 nilai plus mengapa kita layak jadikan TMII sebagai tempat kopdar favorit, yakni Tempatnya sejuk asri dan Bisa mendapatkan pendidikan seni budaya plus sejarah kebangsaan kita. Mari siapkan segala rencana untuk sukseskan Kopdar Jakarta di TMII.



Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Masyarakat Sidaharja Menyepakati Alih Fungsi Perbukitan Titisara Pasir Rombeng


http://sidaharjadesa.blogspot.com
Semenjak menjadi wacana sejak setahun yang lalu mengenai rencana alih fungsi lahan negara yakni sebuah perbukitan yang ditanami warga dengan singkong, akan diubah menjadi pesawahan yang nantinya menjadi tanah bengkok. Selama ini tanah negara tersebut dikelola oleh masyarakat dengan membayar sewa setiap tahunnya. Namun dengan alasan ada beberapa masyarakat yang tidak memenuhi kewajibannya sehingga anggaran sewa tidak masuk sepenuhnya ke kas desa, menjadi alasan kenapa tanah Titisara Pasir Rombeng yang terletak di #Sindanghaji dialihfungsikan.

Dalam diskusi antara warga masyarakat, perangkat pemerintahan meliputi RT, RW dan Kepala Dusun dengan CV. Mega Kargo Pratama Indonesia yang difasilitasi oleh Pemerintah Desa telah menghasilkan banyak kesepakatan. Acara yang diawali sambutan oleh Kepala Desa, beliau menghimbau agar tiap rumah tangga memiliki tanaman potensi seperti sayuran, cabe dan lain sebagainya dengan media tanam hidroponik.

Ketua BPD Sidaharja Bapak Sabar juga menambahkan bahwa "keuangan raskin agar segera dibayarkan apabila masyarakat sudah membayar. Selain itu, jembatan Sinjaya apabila sudah selesai dibangun akan diadakan syukuran dengan dana swadaya dari masyarakat Desa Sidaharja dan Desa Kertajaya. Syukuran berupa pertunjukkan wayang kulit dalang Eko Suwaryo dari Gombong. Sementara itu, untuk pengajian muslimatan tingkat kecamatan, tanggal 22 Desember 2013 akan dilaksanakan di Desa Sidaharja." ujarnya.

Mengenai acara inti hasil musyawarah masyarakat desa dengan CV. Mega Kargo Pratama Indonesia di Balai Desa Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis menghasilkan beberapa point, diantaranya:
  • Tanah negara Titisara Pasir Rombeng seluas 32 Ha akan dilakukan pengerukan oleh pihak CV tanpa mengenakan biaya kepada Pemerintah Desa.
  • Material alam yang terkandung di tanah perbukitan tersebut diujicoba merupakan bahan pembuatan batu apung.
  • Pihak CV hanya mengambil tanah untuk bahan pembuatan batu apung.
  • Apabila ditemukan unsur emas atau mineral lain, akan menjadi hak Pemerintah Desa
  • Setelah kesepakatan terjadi, pihak CV akan melakukan ujicoba dengan pengeboran sedalam 30meter per Januari 2014.
  • Alih fungsi tanah perbukitan Titisara Pasir Rombeng diubah menjadi tanah pesawahan.

Selesai acara dan terjadinya kesepakatan, Kepala Desa juga menginformasikan mengenai anggaran jembatan Sinjaya yakni Rp 2,3M. Tanah perbukitan Titisara Pasir Rombeng merupakan hibah dari negara untuk kemakmuran masyarakat Desa Sidaharja.


Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Friday, December 13, 2013

Mobil Sedan Corolla Kebanggaan Keluarga

http://www.toyota.astra.co.id/product/corolla

Memiliki sebuah kendaraan tentu impian setiap orang. Akan tetapi dalam pemilihannya kita harus memperhatikan berbagai aspek seperti perawatan, suku cadang dan tidak kalah pentingnya model/penampilannya bikin kita pede.

Banyaknya merk dan type kendaraan tentu tidak akan membuat kita pusing untuk memilih mana kendaraan yang tepat.Saya pun menjatuhkan pilihan pada mobil sedan corolla. Selain bentuknya yang klasik, dalam perawatannya pun mudah dan suku cadang masih tersedia di banyak tempat.

Bagi para pecinta balap atau rally, corolla juga mudah dimodifikasi sehingga membuat mereka semakin cinta dengan roda empat pabrikan toyota ini. Modifikasi mobil sedan Corolla juga bisa berbentuk balap, rally, vintage, dan paling banyak retro.

Komponen dari Mobil Sedan Corolla yang mudah dijumpai, memudahkan kita para pengguna dalam perbaikan atau modifikasi. Apabila suku cadang tidak ada di Indonesia, kita bisa membelinya di negara tetangga atau barang subtitusi dengan tipe yang sama.

Mobil sedan corolla
memang lain dari yang lain, karena mobil sedan ini sangat bandel. Ketika dalam perjalanan pun tidak terlalu khawatir, kalaupun terjadi masalah hanya terletak pada masalah yang biasa terjadi. Pantas apabila kita menyebutnya "Mobil Sedan Corolla Kebanggan Keluarga".


Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Thursday, December 5, 2013

Perangkat Desa Sidaharja Memiliki Kemampuan Menulis Blog: Proyek Monumental Tahun 2014

Webblog Desa Sidaharja
Kehidupan menjadi seorang blogger saya rasakan sejak tahun 2009. Kala itu saya yang hobi bermain chat dengan aplikasi nimbuzz, selalu mencari informasi mengenai "bagaimana sih caranya membuat sebuah website atau pun blog?". Pikiran saya sebetulnya tertuju pada desain web dan istilah sekarang web development.

Keinginan tahuan saya terjawab ketika salah seorang kawan chat di nimbuzz, menawarkan untuk membuatkan sebuah website dengan syarat memberikan upah Rp 50.000,- sebagai imbalannya. Karena terdesak ingin tahu yang luar biasa, kukirimkan saja pulsanya dan beberapa jam kemudian dia smskan username beserta password akun blog.

http://abdulcholik.com/2013/11/01/kontes-unggulanproyek-monumental-tahun-2014/
Saya coba untuk login dan amati seksama terkait cara posting artikel, upload gambar dan sebagainya. Biar lebih masuk ke dalam pikiran, aku coba bikin akun dan email baru juga tentunya. Alhamdulillah ujicoba berhasil dan 5-6 Maret 2010, saya pertama kali mengalami sebuah peristiwa silaturahmi dengan nama kopi darat di Bekasi.

Awalnya kaget ketika mendapat sebuah sms dari seorang blogger senior asal Kota Pahlawan yakni Mba Ajengkol. Beliau mengirimkan sms undangan untuk mengikuti Amprokan Blogger 2010 di Bekasi. Heran karena belum pernah ketemu tetapi nomorku bisa didapatkannya. Akhirnya kucoba buka web bloggerbekasi dan registrasi untuk kopdar tersebut.

Kini aku memasuki dunia baru yakni menjadi seorang blogger, biarpun berbeda arah dengan tujuan semula tetapi aku menikmati kegemaran baru yaitu berbagi melalui tulisan / blogging dan terkadang mengikuti lomba writing contest. Sebelum memiliki netbook sendiri, aku dahulunya sering ke warnet bahkan hampir 2 hari sekali. Tidak terhitung sudah berapa uang yang dikeluarkan, tetapi demi sebuah ilmu itu tidak mengapa bagiku.

Menjelang tahun baru aku merencanakan sebuah Proyek Monumental Tahun 2014 yang bertajuk "Perangkat Desa Memiliki Kemampuan Menulis Blog". Mekanismenya mendekati perangkat desa berkomunikasi dengan mereka dan menjelaskan tentang manfaat sebuah blog desa.

Apalagi kini sebuah gerakan bernama Desa Membangun, mempunyai program #1000webdesa. Program ini sudah launching beberapa waktu lalu yakni memberikan domain free kepada masyarakat desa untuk membuat sebuah website.

Dalam tindakannya nanti, saya akan mengajukan surat permohonan yang sudah ditandatangani Kepala Desa. Kemudian discan dan dikirimkan ke email Gerakan Desa Membangun. Untuk proses aktivasi berdasarkan pengalaman teman, sekitar 1 minggu.

Domain sudah siap dan tinggal mengajari perangkat desa bagaimana cara membuat email, membuat akun blog dan cara menulis artikel. Pekerjaan ini memang butuh kesabaran karena sebagian dari mereka awam dengan komputer apalagi internet.

Pembelajaran akan saya lakukan 2 minggu sekali, agar mereka tidak mudah jenuh dan bisa ingat materi yang diajarkan secara berulang-ulang. Targetnya dalam kurun waktu 3 bulan, mereka bisa menulis dengan baik dan mengunggah berbagai kegiatan desa ke dalam tulisan disertai foto.

Mereka juga akan menjadi kontributor tetap di website desa sekaligus pengelola. Sedangkan aku sendiri akan terus menampingi sampai bisa mandiri baik itu cara menulis, mengupload foto dan share melalui sosial media.

Selain Sidaharja, desa lain yang akan menjadi sasaran Proyek Monumental Tahun 2014 adalah Kertajaya, Sindangangin dan Baregbeg. Dalam pelaksanaan nanti akan menggandeng #relawanTIK Jawa Barat dan Gerakan Desa Membangun.

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan: Proyek Monumental Tahun 2014


Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Waktu yang Harus dihindari Ketika Lewat Karang Bolong

http://kumpulan.info/wisata/tempat-wisata/317-karang-bolong-anyer.html
Kebumen merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di sebelah timur Cilacap dan termasuk wilayah pesisir selatan pulau Jawa. Memiliki berbagai pemandangan alam baik itu pantai dan juga sebuah bendungan waduk yakni Sempor dan Wadaslintang (batas dengan Wonosobo).

Pantai di Kebumen termasuk jajaran pantai yang indah di selatan pulau Jawa. Beberapa yang terkenal yaitu Pantai Ayah, Pantai Petanahan, Goa Jatijajar dan Karang Bolong.

Sebagian besar warga Kebumen memilih Pantai Petanahan sebagai tempat berekreasi bersama keluarga mereka. Keluarga besarku yang berada di Peniron-Pejagoan juga sering berwisata saat ramadhan di pantai yang satu ini.

Sedangkan Karang Bolong itu letaknya di dekat Kecamatan Puring, dari arah Gombong ke selatan. Apabila dari Cilacap dan ingin menikmati keindahan pantai sepanjang jalan, bisa lewat melalui Adipala - Pantai Ayah dan lurus hingga ke Karang Bolong.

Keindahan di Karang Bolong sangat menarik wisatawan baik lokal maupun internasional. Namun ada sesuatu yang harus diketahui oleh masyarakat awam, bahwa di pantai ini terdapat sebuah gerbang ghaib menuju ke laut selatan pada jam tertentu.

Saat menjelang tengah malam tepatnya 9, tidak ada kendaraan yang berlalu lalang di sini. Karena sering kejadian bahwa orang yang melewati Karang Bolong tersesat hingga tak bisa kembali lagi ke tempat asalnya. Demikian pula disiang hari, ada saja orang yang keder dan hilang.

Pantangan yang harus dihindari ketika berkunjung atau sekedar melewati Karang Bolong yaitu jangan berhenti di jembatan pada malam hari. Minum di atas jembatan ketika berhenti pun dilarang karena bisa dibawa oleh dedemit laut selatan.

Jin yang bermukim di Karang Bolong ini akan membuka gerbang pada jam 22.00 wib - 03.00 wib. Mereka akan mengecoh pandangan manusia biasa agar masuk ke dunia mereka. Kita bisa saja melihat jin laksana manusia hingga terperosok ke alam lain. 

Itulah kenapa disarankan tidak melewati Karang Bolong pada jam tersebut di atas dan hindari makan di jalan. Wajib berdoa untuk keselamatan kita, apabila bepergian sendirian sebaiknya cari jalur lain asal nggak di daerah Karang Bolong. 





Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Wednesday, December 4, 2013

Misteri dibalik Keindahan Karang Bolong


http://warungfiksi.net/going-to-kebumen-dont-forget-the-caves-and-beaches/

Sebuah pengalaman unik dan tak terduga sepulangnya dari Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perjalanan yang ditempuh selama 5 jam dari Bantul menuju Cilacap usai menghadiri Kopdar Blogger Nusantara #BN2013, diwarnai berbagai kisah mistik yang bisa membuat bulu kuduk merinding.

Perjalanan malam (traveling) yakni berangkat jam 11, saya melaju sepeda motor dengan kecepatan sedang (kondisi agak ngantuk) yakni 50km/jam. Memang sedikit merasa lelah dan butuh istirahat, karena sebelum perjalanan, saya telah diambil darahnya untuk disumbangkan bagi yang membutuhkan (Donor Darah Rutin) di UDD PMI Bantul (3/12).

Berjalan menyusuri jalur selatan pulau Jawa tepatnya Galur-Mirit (Kebumen)-Buluspesantren-Puring dan kemudian belok ke utara menuju Gombong dilanjut ke arah barat menuju Cilacap, tiada keanehan yang kami rasakan saat roda mulai berputar. Jalanan yang sepi membuat kami seolah pemilik jalan raya sehingga menapakkan roda tepat di atas garis putih (sambil bayangkan landing pesawat bak pilot).

Dalam perjalanan kami ditemani oleh beberapa truk yang membawa muatan berat. Jarak antar kendaraan yang kami temui cukup jauh yakni sekitar 4 km. Sungguh lengang sehingga bisa membangkitkan bulu kuduk bagi sobat yang memiliki rasa takut alias parno. Paranoid dari perampok atau pun hantu yang bisa membawa kita ke dunia mereka seperti di Karang Bolong.

Titik Awal Kami Mulai Tersesat at Karang Bolong - Kebumen
Titik dengan mouse pointer merupakan persimpangan menuju Karang Bolong dan Gombong. Temanku yang juga blogger dan memiliki mata batin kuat, saat itu terbangun dari kantuknya. Melihat petunjuk arah, dia menyarankan agar berbelok ke kanan arah Gombong. Melihat argumennya yang sangat kuat agar kami tidak melewati Karang Bolong, aku pun menurutinya dengan menyusuri jalan kecil selebar 2m.

Selang beberapa menit kami dibuat sedikit bingung dengan jalan yang tidak memiliki penunjuk arah hingga mengarahkan ke kuburan/pemakaman. Suasananya memang sepi dan sangat mencekam, tetapi kami santai saja dan langsung balik kanan mencari jalan yang sebenarnya. Berdoa agar tidak kena puter giling oleh jin di daerah tersebut.

Hal ghaib memang sangat kuat aku rasakan di daerah Karang Bolong. Fauzan juga menceritakan bahwa siapapun yang mencoba melalui Karang Bolong pada malam hari khususnya akan dibawa oleh Jin untuk masuk ke dalam dunia mereka. Pernyataannya diperkuat oleh penuturan pakde nya yang berada di Kroya bahwa beberapa waktu silam pernah ada dalang yang pentas wayang di Karang Bolong.

Dalang tersebut tidak sadar bahwa para penonton merupakan bangsa jin. Saat berpulang dari tempat pentas lebih tepatnya 1km, beliau menoleh ke belakang. Betapa kagetnya karena mendapati bahwa tempatnya berdiri merupakan bibir pantai. Menyadari bahwa dirinya telah pentas di dunia ghaib, langsung membaca istighfar.

Sepasang suami istri juga pernah mengalami kejadian aneh ini, yakni mereka sedang berbelanja buah tetapi sang suami pergi sendiri hingga tak ditemukan sampai sekarang. Padahal saat di pasar mereka bersama dan kejadian ini masih bisa dialami oleh siapapun. 

Fauzan dan Pakdhe-nya juga menjelaskan kepada saya bahwa Karang Bolong merupakan pesisir yang dihuni oleh ratusan lelembut. Berbahaya apabila kita pendatang dan baru pertama kali lewat tidak berdoa memohon perlindungan kepada Allah SWT. Beranikah anda untuk mencoba memasuki dunia pantai selatan di Karang Bolong? :-D


 
kkk


Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Saturday, November 30, 2013

Mingguan Joglo Abang Blogger Nusantara

Pertama mendengar Joglo Abang memang tidak asing dengan istilah awalan "Joglo" yakni bangunan Jawa yang berada di wilayah DIY. Namun untuk Joglo Abang ini, itu merupakan sebuah joglo khusus yang sudah dilengkapi dengan soundsystem modern, 2 slide besar dan tentunya bisa digunakan untuk berbagai acara yang berkaitan dengan pernikahan, resepsi dan lain sebagainya.

Terdapat sebuah cerita menarik ketika saya sebagai peserta #BN2013 mencari letak bangunan ini. Awal keberangkatan dari parkir Ngabean memang bareng dengan LO dari panitia. Namun ditengah perjalanan yakni Ringroad Barat, motor saya mogok hingga harus tertinggal dengan rombongan. Setelah diperiksa ternyata permasalahan pada kabel busi yang lepas, terpaksa harus mencari ide segar karena jauh dari bengkel. Sebuah ide bagaimanapun caranya agar motor bisa jalan lagi, yakni kabel busi dikupas beberapa cm untuk ditempelkan dengan busi.

Upaya menjadi bengkel sendiri ternyata membutuhkan waktu cukup lama yakni 10 menit. Akhirnya berbekal sms dari panitia mengenai lokasi Joglo Abang, saya mencoba bertanya pada orang-orang yang kutemui baik itu satpam, pengendara motor yang lagi parkir hingga warung angkringan. Informasi yang kurang pas dari satpam sebuah rumah besar di Ringroad Barat, membuat saya berjalan-jalan hingga ke Godean. Hampir saja mendekati Kulon Progo, aku bertanya pada warung angkringan dan akhirnya kami di arahkan ke jalan yang tepat.

Sabar dan penuh dengan antusiasme, akhirnya saya bisa menemukan Joglo Abang yang menjadi tempat silaturahmi para blogger nusantara. Walau harus bertanya dengan beberapa orang yakni 5 lebih dengan muter-muter yang tidak jelas, bisa ketemu jua. Sembari tengak-tengok ke berbagai sudut di depan Joglo Abang, aku dan Fauzan mencari parkiran untuk motor Supra X tahun 2001 yang kubawa dari Ciamis.

Seminar pun mulai berjalan setelah panitia membuka acara oleh sang ketuanya dengan memberikan berbagai informasi terkait pembatalan kunjungan ke Keraton. Sesi awal materi diberikan oleh pihak Telkom Speedy, dilanjutkan Kang Fajar Eridianto dengan produk T-Money. Setelah break makan siang dan peserta melaksanakan kewajiban shalat dzuhur, acara dilanjutkan kembali dengan materi penggambaran keadaan sosial masyarakat melalui seni rupa/gambar oleh seniman Eko Nugroho.

Blogger yang sedari pagi masih merasakan lelah, nampak banyak yang ngantuk dan sebagian lebih memilih keluyuran sambil cari angin di luar Joglo Abang. Tentu ini hal yang wajar karena susunan waktu banyak yang berubah dan kami merasa lelah, ibarat kata penundaan waktu beberapa jam membuat sebagian merasa drop.

Namun hiburan di sore usai waktu shalat Ashar, berbagai tarian tradisional dari berbagai daerah menjadi suguhan yang sangat menghibur. Apalagi saat menyanyi lagu daerah, para peserta diperbolehkan untuk turut serta menari di atas panggung. Berjoget mengikuti irama campur sari, membuat hati dan fikiran kembali segar. Hal itu juga tampak pada wajah manis Melly Feyadin ketika turut menari (waton joget). Dagelan lain bahkan ada peserta yang bergaya menyawerkan uang pecahan 50rb-an.

Sudah merasakan kejenuhan karena duduk seharian, saya mencoba untuk menghubungi mas Eko Sutrisno HP. Beliau merupakan founder miesehati yang berdomisili di Jogjakarta dan keluarga Blogger Bekasi serta Komunitas Tangan Di Atas. Nampaknya kesempatan saya untuk berkunjung ke rumah beliau belum bisa terlaksana, lantaran anak-anaknya mengajak untuk makan sekeluarga di luar rumah.

Saya pun membatalkan kunjungan untuk silaturahmi hingga akhirnya duduk kembali di Joglo Abang. Aku nggak enak juga nih sama neng Melly karena sebelumnya sudah pamitan eh nongol bareng lagi di Joglo. Rupanya dia juga batal untuk ke Malioboro, kendaraan yang dipesan emak-emak blogger tidak kunjung datang.

Menunggu waktu untuk istirahat di Tembi, aku kembali menyibukkan diri dengan ngetwit dan mention si manis MF. Kejenuhan rupanya sudah mulai menghantui de Melly karena cukup ngantuk hingga akhirnya memutuskan untuk menonton pagelaran jatilan di halaman luar Joglo Abang. Sepakat deh aku juga ingin mengajaknya jalan, yes dia nyamber duluan tuk liat jatilan.

Ketika sampai di arena hiburan, rupanya sudah penuh dengan warga masyarakat yang menonton hiburan rakyat Jatilan. Kami juga mengalami kesulitan saat akan mengambil sebuah foto dari permainan tersebut. Sempat kutanyakan mengenai hiburan ini, di Lampung pun juga ada hanya bedanya di sana bernama Kuda Kepang.

Menariknya dari Jatilan di DIY umumnya, variasi lagu lebih banyak dan ini sangat menghibur. Pemainnya pun beragam, untuk awalan penarinya dari kelompok bapak-bapak. Kemudian para penari perempuan muda melanjutkan tariannya, diselingi oleh 2 orang anak kecil menari-nari dengan dihiasi bandul lonceng di kakinya.

Untuk penimbulan/penyembuhan dari kerasukan makhluk halus, sang pawang menggunakan bendera merah putih untuk menyembuhkannya. Cara pawang ini menimbulkan keheranan karena baru pertama kali aku temui. Perbedaan lain dengan jatilan di tempatku yakni adanya tumpeng dengan berbagai makanan di sekitarnya. Tumpeng itu pun dibawa mengelilingi pagar penonton untuk ditawarkan kepada mereka.

Tak terasa waktu sudah mendekati jam 10, banyak peserta yang sudah mulai ngantuk termasuk neng Melly hingga dia duduk menunggu lama di bus jemputan. Aku yang membawa motor masih ingin meneruskan susunan acara yakni hadroh/shalawat dan kethoprak sampai jam 3.30 wib. Alhamdulillah hiburan pun selesai walau masih tersisa 4 orang peserta #BN2013 @bloggernusantara yang menemaniku.


Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Tuesday, November 19, 2013

Berkampanye Mengatasnamakan Tugas Pemerintah

Sudah mendekati masa pemilihan Presiden dan wakil presiden periode 2014-2019, seluruh kandidat yang akan bertarung di Pilpres maupun pemilihan anggota DPRD di berbagai tingkatan sudah pada berebut star untuk berkampanyekan dirinya.

Tadi di Balai Pertemuan desa Sidaharja, seorang anggota DPRD II Ciamis dari Fraksi PKS Komisi 3 melakukan reses dengan masyarakat, RT RW, Kader, BPD dan perangkat desa guna melakukan temu wicara untuk menerima keluhan dari warga di Desa Sidaharja.

Acara yang dibuka dan dimoderatori oleh ajudan anggota Komisi 3 DPRD Ciamis tersebut, yakni menerima beberapa keluhan yaitu Fee untuk perangkat desa yang semula 600rb dinaikkan menjadi 850rb, Sipon atau gorong-gorong yang terletak di Jatibarang agar segera dibersihkan dari endapan lumpur agar musim hujan tiba tidak terjadi banjir.

Keluhan ini dirasakan masyarakat Sidaharja karena sebagian besar sawah yang berada di kawasan Jatibarang merupakan milik petani Sidaharja. Oleh karena itu, mampatnya sipon merupakan bentuk peristiwa alam yang bisa ditanggulangi agar kerugian petani akibat banjir dan hama keong tidak terulang kembali.

Jembatan perbatasan antara Sidaharja-Kertajaya yang sebentar lagi selesai, juga diharapkan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang melewati jembatan Sinjaya tersebut. Namun ruas jalan juga setidaknya dibangun bukan hanya 1 titik, melainkan 2 titik agar tidak cepat rusak.

Anggota komisi 3 DPRD Ciamis Fraksi PKS bernama Agun, juga siap untuk meneruskan keluhan ini ke rekan-rekan DPRD pada masa rapat tahun 2014. Akan tetapi apabila dirinya terpilih kembali, amanat dari warga Sidaharja beliau yang akan memegangnya. Secara tidak langsung ini merupakan bentuk kampanye tertutup.


Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Thursday, November 14, 2013

Skenario Penanganan Kebakaran Bangunan Tua


Bangunan tua yang berdiri kokoh di sudut kota Banjar, dimanfaatkan oleh para anak jalanan untuk berteduh laksana rumah tinggal bagi mereka. Kondisi perekonomian yang serba pas-pasan memaksa mereka menerima keadaan tersebut dengan terus berdoa disepanjang perjalanan hidup. Musim kemarau panjang malam itu membuat cuaca di setiap ruangan menjadi tidak menentu antara panas dan dingin yang membuat badan terasa menggigil. Bagi mereka ini sudah hal biasa, seolah kebal dan bersahabat dengan cuaca ekstrim sekalipun.

Musibah memang tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Hal itu pula yang mereka alami disaat sedang melawan dinginnya malam, tiba-tiba api yang bersumber dari lingkaran obat nyamuk merambat ke tumpukan rongsok plastik, botol mineral dan besi tua yang mereka kumpulkan semenjak pagi hingga sore. Obat nyamuk yang terletak di samping kanan anak jalanan tersebut, tersampar kaki sejauh 1 meter hingga mengenai rongsok tadi lantaran dirinya mengigau.

Perlahan namun pasti bara api obat nyamuk membakar rongsok dan mengakibatkan kebakaran besar. Dalam tidurnya yang pulas, si anak jalanan bermimpi melihat api unggun yang semakin lama semakin membesar hingga terus mendekatinya. Anak jalanan yang bernama Parjono tersebut, merasa kepanasan hingga tersandung batu.

Seorang polisi yang tiba-tiba melintas di depan bangunan tua tersebut, mendadak berhenti lantaran melihat kobaran api. Paham dengan bangunan mirip gudang yang biasa dihuni Parjono, pak polisi langsung menuju TKP guna mencari si Parjono. Sembari mengamati ke berbagai sudut, pak polisi mendapati Parjono sedang tertidur pulas dengan hanya mengenakan celana panjang compang-camping.

Pak Polisi yang diketahui memiliki nama Bripka Anton, bergegas membangunkan si Parjono untuk segera keluar dari gedung yang terbakar. Mimpi Parjono ketika tersandung batu saat dikejar api unggun, rupanya itu sebuah isyarat bahwa dirinya sedang dibangunkan Bripka Anton. Beruntung Parjono tidak mengalami luka sedikitpun, tetapi seluruh harta bendanya yakni rongsok hasil jerih payahnya ludes terbakar.

Kebakaran itu selain membakar bangunan tua yang dihuni Parjono, juga merembet ke rumah penduduk beserta warung yang letaknya saling berdekatan. Tindakan Bripka Anton dalam menyelamatkan Parjono ternyata telah memancing perhatian warga untuk mendekati lokasi kebakaran. Beliau pun langsung menelepon Damkar untuk mengirimkan beberapa unit kendaraan untuk memadamkan kebakaran yang letaknya juga tidak jauh dari trafo listrik.

Kesigapan Bripka Anton dalam mengambil tindakan rupanya memang tidak diragukan lagi. Beliau juga langsung telpon PLN untuk memutuskan aliran listrik dan juga PMI guna mensiagakan ambulan sebagai tindakan preventif apabila terdapat korban luka atau jiwa.

Angin malam yang berhembus kencang di saat kemarau, membuat si jago merah menari ke tiap arah. Gesitnya tarian jago merah sudah membakar rumah kayu di samping gedung tua tersebut. Kerumunan warga pun semakin membanjiri lokasi kebakaran, baik yang ingin membantu atau menonton.

Namun beruntung lokasi kebakaran yang dekat jalan raya memudahkan akses Damkar guna melakukan tugasnya. Kibasan angin rupanya menerbangkan arang panas ke salah seorang warga yang berdesakan ingin menonton kebakaran. Dirinya langsung mendekati ambulan PMI untuk meminta pertolongan.

Kebakaran pun dapat dipadamkan selama kurun waktu 2,5 jam dan menyisakan tembok tua beserta arang panas yang mengeluarkan asap akibat semburan air. Parjono yang shock berat kini masih bersedih sambil didampingi relawan PMI untuk mendapatkan dukungan psikologi.


Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Lomba Blogging Sinar Mas Land

http://www.chandra.im/sinar-mas-land-writing-and-photo-contest-2013.html

Menjelajah dunia memang bukan suatu kewajiban akan tetapi dengan silaturahmi kita bisa mendapatkan informasi baru dari berbagai sumber yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan kita. Seperti halnya informasi lomba blog yang dishare oleh mas rekan blogger melalui blognya, bahwa Sinarmas Land kembali mengadakan lomba baik untuk jurnalis profesional maupun blogger. Hadiah yang ditawarkan juga alhamdulillah bisa buat beli sepeda motor yakni Rp 15juta.

Mengenai syarat yang diajukan untuk lomba blog sih cukup sederhana banget.
  1. Setiap tulisan tidak boleh lebih dari 500 kata
  2. Penilaian berdasarkan kriteria penjurian
  3. Wartawan profesional tidak diperbolehkan ikut serta, jika diketahui maka akan didiskualifikasi
  4. Karya yang dikirimkan harus original, bukan merupakan plagiasi
  5. Peserta dapat memasukkan gambar, foto atau ilustrasi yang dapat mendukung artikel/tulisan tersebut
  6. Peserta dapat menggunakan multi-platform blog (wordpress, blogspot, posterous, tumblr, blodetik, self-hosting, kompasiana dll)
  7. Peserta diperbolehkan untuk menghubungkan beragam produk Sinar Mas Land (visit www.sinarmasland.com)
  8. Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu tulisan
  9. Link blog dapat dikirimkan via email ke alamat: publik@contest.sinarmasland.com beserta biografi pemilik blogger
  10. Penilaian berdasarkan dari alur artikel, isi dan koment dari setiap posting
  11. Tulisan harus berisi sesuatu yang positif, tidak berisi rasial, agama dan isu sensitif
  12. Peserta diperbolehkan untuk mempromosikan tulisan mereka di akun facebook dan twitter
  13. Usia blog minimum 3 bulan dan telah menulis 10 post
  14. Sinar Mas Land memiliki otoritas untuk menggunakan sebagian maupun seluruh versi dari tulisan blog yang telah dikumpulkan dalam kompetisi ini
  15. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
  16. Tidak diperkenankan untuk melakukan korespondensi dengan pihak panitia dan juri

Itu beberapa persyaratan umum untuk mengikuti kompetisi blog dari Sinar Mas Land. Tema umum mengenai lomba blog ini ya seputar Sinar Mas Land. Sedangkan kriteria penilaian postingan blognya adalah:
  • Kedalaman penulisan 30%
  • Gaya penulisan 30%
  • Kejelasan penulisan 20%
  • Kreativitas penulisan 20%
Hadiahnya baik untuk lomba foto dan blog yaitu:
  • 1st Winner Rp 15juta
  • 3 runner up @Rp 3juta
  • 4 favorite winner (photo) @Rp 2juta

Untuk mengikuti Sinar Mas Land writing and photo contest 2013 silahkan aja klik di sini.


Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Sunday, November 10, 2013

Kebakaran di Kasongan Bantul

Pagi tadi tepatnya saya dapat info dari seorang kawan relawan KSR PMI Bantul bernama Agus Gonteng bahwa ada kebakaran yang terjadi di daerah Kasongan. Relawan PMI Bantul yang sedang bersiaga di markas segera meluncur untuk membantu evakuasi apabila terjadi korban luka. 

Berikut ini beberapa foto yang diambil dari lokasi kejadian.






Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Buah Tangan Paklik Berhaji

http://www.bangmisno.com/2013/11/berburu-signal-hingga-perbukitan.html

Kerabat dan tetangga yang pergi berhaji sudah pada pulang ke rumahnya masing-masing. Mereka merupakan rombongan kloter 9 di daerah Sindanghaji Sidaharja Lakbok Ciamis. Untuk daerah Sindanghaji sendiri terdapat 12 umat Islam yang melaksanakan ibadah haji. Semoga mereka termasuk para haji dan hajjah yang mabrur/mabruroh.

Lik Purwadi dan Lik Imas yang merupakan saudara dekat, pulang ke Sindanghaji dari perjalanan ibadah haji yakni sekitar jam 1.30 WIB siang tadi. Mereka dijemput oleh ayahandanya beserta beberapa orang anggota keluarga di Kabupaten Ciamis. Perjalanan dalam penjemputan para haji/hajjah tersebut juga tidak mengalami kendala apapun.

Kami dan saya sendiri khususnya sangat senang atas kepulangan baik paklik/bulik beserta para tetangga atas ibadah mereka dalam berhaji. Seperti yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat di sini yakni bepergian darimanapun selalu menyempatkan membawa buah tangan. Saya alhamdulillah kecipratan rejeki buah tangan berupa buah kurma dan air zam-zam. Sungguh lezat dan manis walau beli oleh-olehnya di Tanah Abang atau tempat lain yang jelas bisa turut menikmati.

Do'a yang senantiasa kami panjatkan kepada para haji adalah semoga mereka benar-benar haji dan hajjah yang mabrur/mabruroh agar ibadah yang merupakan rukun Islam ke-5 tidak muspro. Ibadah dengan kesungguhan hati agar semuanya bisa terlaksana dengan baik, tentu saja harus ada komitmen kuat untuk menjalankannya. Selamat datang para haji/hajjah baru di Sindanghaji, semoga kalian ibadahnya diterima Allah SWT.


Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Saturday, November 9, 2013

Jembatan Perbatasan Sindanghaji-Kertajaya

Jembatan yang menghubungkan Desa Kertajaya dengan #Sindanghaji sudah memasuki pemasangan rangka besi untuk alas dari jembatan tersebut. Prediksi memang akan selesai kurang lebih 1,5 bulan lagi. Beberapa masyarakat mengharapkan agar pembangunan jembatan ini cepat selesai dalam waktu yang lebih pendek namun kualitasnya memuaskan. Tentu saja harapan ini karena sudah hampir 3 tahun kendaraan roda 4 tidak bisa melewati Jembatan Bangmisno karena pondasi yang dibangun baru separuh.

Ketika jembatan #Sindanghaji ini sudah selesai, rencana pemerintah desa akan melakukan ruwatan untuk meresmikan jembatan bangmisno. Jembatan ini memang tidak ada nama sehingga lebih baik diberi nama Jembatan Bangmisno agar lebih mudah dalam penyebutannya. Ruwatan akan dilakukan dengan menggelar pagelaran wayang kulit dalang Eko dari Kebumen. Namun belum ada kepastian kapan pagelaran wayang di #Sindanghaji akan diselenggarakan, mengingat jembatan bangmisno masih dalam proses pembangunan.

Jembatan Bangmisno merupakan jembatan yang sangat urgent untuk lalu lintas masyarakat #Sindanghaji dan juga Kertajaya karena lebih menghemat waktu dan biaya. Selama ini masyarakat dari dua desa tersebut atau masyarakat lainnya cenderung harus memutar melewati Nambo sejauh 10km. Harapan masyarakat tentu saja agar Jembatan Bangmisno ini lebih cepat selesai dan mereka bisa bertukar hasil pertanian dengan lebih cepat dan efisien.


Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Berburu Signal Hingga Perbukitan Sindanghaji

Searching Signal in Sindanghaji Mount
Signal merupakan sebuah kebutuhan dasar untuk berkomunikasi baik itu via sms, telepon atau data. Komunikasi yang menggunakan media digital berupa handphone, gadget dan laptop juga perlu didukung dengan adanya signal yang kuat khususnya untuk data. Komunikasi data menjadi sesuatu yang urgent atau kebutuhan dasar karena sudah  merasuk ke dalam sendi-sendi kehidupan manusia modern.

Masyarakat Sindanghaji dengan komposisi sebagian besar petani, juga sudah marak menggunakan peralatan komunikasi modern. Mereka tidak lagi mengandalkan telepati melainkan handphone atau gadget guna berkomunikasi (bertukar informasi) dengan sanak saudara yang berada di wilayah lain. Saya sendiri juga sering menggunakan gadget lenovo S10 untuk ngobrol dengan paklik yang sedang bekerja di Taiwan.

Memenuhi kebutuhan dasar ini yang sudah melegenda dan mewabah, tentunya kebutuhan sinyal juga menjadi pelengkap. Apalah arti sebuah gadget apabila sinyal tidak mendukung untuk berkomunikasi dengan saudara kita. Oleh karena itu saya memutuskan untuk berburu sinyal termasuk ke area perbukitan yang notabene terhampar luas padang ilalang dan pepohonan.

Bersama @macansewu73 saya beranjak dari rumah (Jumat, 8/11) menuju perbukitan Sindanghaji tepatnya samping panembahan Mbah Dipa untuk menguji sinyal di daerah sana. Beberapa signal yang sempat kami coba baik itu menggunakan media sms/telepon dan data, ternyata yang paling kuat itu Indosat dan Telkomsel. Sementara data komunikasi via Smartfren, XL, Esia, 3 dan Axis belum tersedia maksimal hanya 1 baris. Untuk Axis sendiri di Sindanghaji hanya terbuka dari jam 2.30 WIB sampai 5.30 WIB setiap harinya.




Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Friday, November 8, 2013

Suran, Sarapan Oyek Sindanghaji


Masyarakat Jawa pada umumnya melakukan sebuah tradisi ngadem, yakni perbuatan untuk tidak memakan nasi di bulan Sura. Kebiasaan ini juga disebut dengan istilah Suran. Secara gamblangnya Suran merupakan adat atau kebiasaan penduduk Jawa untuk tidak memakan dewi sri selama sebulan penuh. Mereka hanya mengkonsumsi bahan pokok dari singkong atau yang biasa disebut oyek. Untuk wilayah DIY oyek ini akan disebut dengan istilah tiwul.

Memang belum terdapat informasi yang jelas kapan asal-muasal adat Suran ini dimulai. Saya sendiri juga terkadang melakukan Suran karena memang suka sekali dengan menu oyek ini. Selain lebih sehat, tubuh juga merasakan dampak yang sangat baik yakni lebih ringan dalam berjalan. Sehat karena memang oyek ini tidak dilengkapi dengan pestisida macam padi. Jadi, siapapun yang ingin Sarapan Oyek Sindanghaji diperkenankan datang ke tempat saya.

Sarapan Oyek Sindanghaji bagi warga Sindanghaji, Sidaharja, Lakbok, Ciamis, adalah menu istimewa yang jarang didapatkan oleh masyarakat lain. Oyek Sindanghaji memiliki  keistimewaan rasa yakni rasanya pulen tur dijamin alami. Siapapun yang ingin Suran atau ngadem dengan mengkonsumsi oyek Sindanghaji, pastikan hadir di rumah bangmisno kapanpun dilayani selama bulan Sura. Ups, jadi ingat janji ke Mas Eko Sutrisno HP tuk bawain oyek Sindanghaji. Sesuai maknanya bahwa Suran ini hanya untuk ngadem demi menghindari konsumsi dewi sri.



Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Wednesday, November 6, 2013

Sindanghaji Wilayah Pedalaman Menyimpan Sejuta Misteri

Sindanghaji. Merupakan sebuah dusun yang terletak di Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Dusun yang memiliki wilayah paling luas se-Desa Sidaharja dengan komposisi perbukitan dan pesawahan terbentang luas terhampar hijau. Kondisi tanah yang sangat subur hingga harus berjuang untuk mempertahankan dari serangan peradaban jaman melawan derasnya arus pestisida dan alih fungsi lahan pertanian.

Selaku pemuda jawa keturunan Kebumen yang lahir di Sindanghaji, saya sangat tergerak hati untuk kembali menghijaukan tanah kelahiran dengan hijau alami yang bisa dimanfaatkan untuk generasi penerus atau anak cucu kelak. Dorongan yang muncul ketika banyak orang menggembar-gemborkan "go organic" untuk meminimalisir kerusakan alam di muka bumi ini. Bukan suatu hal yang mudah apalagi berhubungan dengan pola pikir serba instant dan belajar hal baru untuk masa depan.

Dalam sebuah wacana yang beredar dan informasi yang saya himpun dari pengurus BPD Sidaharja dan juga pihak keamanan bahwa perbukitan Sindanghaji dengan luas kurang lebih 36ha akan dibongkar diambil tanahnya untuk dimanfaatkan seperti pengurugan, perataan tanah dan lain sebagainya. Namun dibalik itu semua ternyata berdasar analisa yang ada, "Perbukitan Sindanghaji Desa Sidaharja Kecamatan Lakbok memiliki kandungan mineral yang bisa dimanfaatkan untuk bahan pasta gigi." Ujarnya.

Pantas saja orang pemerintahan Ciamis menyebutkan bahwa Sidaharja khususnya Sindanghaji merupakan Desa terkaya se-Ciamis. Sempat bergumam juga tatkala kalimat tersebut diulang kembali oleh ki Mijan warga Sindanghaji RT 32 tentang kekayaan wilayah Sindanghaji Sidaharja. Sekarang yang menjadi persoalan adalah bagaimana memanfaatkan kekayaan alam tersebut dengan memberdayakan kearifan lokal. Catatan terkait dengan kekayaan alam berupa sumber daya mineral dan pesawahan atau pun sejarah Sindanghaji itu sendiri, akan saya telusuri untuk menyusun dalam sebuah note khusus laksana coretanku terkait Sejarah Gunung Slamet.

Mengenai misteri yang belum terungkap adalah terkait dengan penemuan benda berbentuk bola mengkilap halus. Benda tersebut ditemukan oleh Lurah Sidaharja yakni Bapak Turidjo. Kilauan cahaya berupa warna hijau merah dan hitam dari benda tersebut diyakini bernama intan. Namun sempat dibawa oleh bos saya yang berasal dari Bandung dan diteruskan ke laboratorium untuk diekstrak. Ternyata benda tersebut bisa hancur dan bukan intan murni. Ada indikasi bahwa mineral yang terkandung di Sindanghaji masih berupa logam dasar dibawah intan.

Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Tuesday, November 5, 2013

Sindanghaji Penghasil Oyek dan Gembus

Makanan tradisional yang berasal dari singkong di pedesaan yakni oyek dan gembus. Makanan ini dibuat dengan waktu yang cukup lama yakni 5 jam selama pengolahannya. Tentu saja ini usaha ketelatenan dan kerja komitmen agar menghasilkan gembus atau oyek yang nikmat dan gurih.

Oyek itu sendiri merupakan makanan pengganti beras yang dibuat dengan cara merendamnya di dalam air selama kurun waktu rata-rata 3 hari. Setelah itu singkong yang dijemur diangkat untuk ditiriskan. Selang beberapa lama, singkong yang sudah lunak tersebut dimasukkan ke dalam ayakkan yang agak longgar lubangnya.

Singkong yang sudah hancur digoyangkan ke kanan dan kiri, untuk menghasilkan oyek yang bagus biasanya ayakannya tidak terlalu longgar lubangnya. Setelah singkong yang diayak keluar dari ayakan tadi, kini kita tinggal menjemurnya sampai agak kering.

Kalau untuk memasaknya itu kita harus rendam dulu oyek selama semalam atau kurang lebih 10 jam agar melar. Paginya kita kukus dengan menggunakan kusan seperti masak beras pada umumnya. Bila ingin lebih nikmat memakan oyeknya, bisa tambahkan urab, sambal terasi dan kathing goreng.

Gembus makanan sejolinya bakso/pecel

Gembus Sindanghaji 
Untuk membuat gembus, caranya kita  kupas singkong dalam jumlah banyak. Selanjutnya diparut menggunakan mesin, masukkan ke dalam karung untuk diperas agar kandungan airnya keluar. Kukus ampas singkong tersebut selama 2 jam dengan memasukkan kayu sebesar ukuran tongkat di bagian tengah agar sirkulasi udara merata. Ini untuk membuat kematangan sempurna.

Ampas atau perasan singkong yang sudah dikukus akan menggumpal seperti ketan yang dimasak. Kemudian kita letakkan di meja yang sudah diberi alas, dipukul-pukul sampai rata hingga agak dingin. Selanjutnya tinggal kita iris sesuai ukuran gembus yang kita inginkan. Gembus Sindanghaji yang bisa anda nikmati di tempat saya, pembuatnya bernama Jaman atau bisa dipanggil Sankasdik.

Kemudian oyek yang sudah diayak dan dijemur tadi, langsung kita masak terlebih dahulu. Namun kembali kita jemur agar oyek bisa bertahan cukup lama di gentong. Warga Sindanghaji Sidaharja Lakbok Ciamis ini, sudah membuat oyek sejak puluhan tahun silam.




Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno


Senjata Api Kembali Beredar

http://www.bangmisno.com/2013/11/pertanian-padi-organik.html

Pagi tadi dalam razia yang dilakukan kepolisian di Jakarta terjaring sebuah kendaraan berlogo parpol PKPI kedapatan membawa beberapa senjata api berikut amunisi. Dalam pemeriksaan tersebut, dua orang tersangka tidak dapat menunjukkan surat ijin kepemilikan senjata api tersebut. Kembali beredar senjata api tersebut belum ada dugaan penggunaannya, apakah untuk melakukan tindak kejahatan atau antisipasi sebagai pengamanan diri.

Perlu ditelusuri lebih lanjut apakah dua orang tersangka yang membawa kendaraan berlogo parpol PKPI statusnya sebagai seorang caleg atau hanya kurir biasa. Senjata api yang mereka bawa termasuk dalam kelas semi otomatis. Sungguh terlalu sebuah parpol yang notabene menjadi tempat perwakilan masyarakat kadernya menyimpan senjata api tanpa surat ijin kepemilikan. Kepolisian harus menelusuri lebih jauh untuk memastikan agar semuanya terkondisi.


Anda membutuhkan pengobatan untuk HIV/AIDS atau penyakit berat lainnya seperti jantung, ginjal, liver dan kencing batu. Kami menyediakan Propolis dan Biyang untuk upaya anda mencari kesembuhan. 7 Paket masing-masing berisi 7 botol. Harga total Rp 3.900.000,- plus ongkos kirim. Pemesanan kontak 085871265667 atau via twitter http://www.twitter.com/bangmisno