Thursday, December 27, 2012

Kenyamanan Membayar Pajak di Samsat Banjar

Setiap pengguna kendaraan bermotor baik itu roda dua maupun roda empat dan selebihnya tentu saja harus membayar kewajibannya sebagai warga negara yang baik yakni pajak. Apalagi kini pembayaran dimudahkan dengan sistem online yakni bisa membayar di Kantor Bersama Samsat di manapun anda berada, yang masih satu wilayah Propinsi tentunya. Hemmm penasaran kan seperti apa sih pengalaman membayar pajak motor atau mobil itu??? Bagi anda yang belum pernah ke Samsat atau pun ingin mencari suasana baru dengan membayar pajak di Samsat lain, saya ada alternatif info bagaimana membayar pajak di Kota Banjar dengan kondisi yang aman, sejuk dan nyaman tentunya.

Datanglah ke bagian pendaftaran
Setelah anda masuk ke pintu utama, pergilah ke arah kanan karena bagian pendaftaran perpanjangan STNK 1 tahun ada di sebelah tersebut. Di bagian ini anda hanya disuruh mengisi formulir yang berisi nomor plat kendaraan dan nama pemiliknya, setelah itu anda akan diberi nomor antrian.

Tunggulah di tempat duduk yang telah disediakan, hingga dipanggil untuk melakukan pembayaran pajak tersebut.




Langkah selanjutnya anda harus duduk kembali, ingat nomor antriannya karena pengambilan STNK yang baru adalah sesuai nomor antrian yang anda gunakan ketika melakukan pembayaran.



Setelah dipanggil sesuai nomor antrian untuk pengambilan STNK yang baru, anda sudah bisa melanjutkan perjalanan. Selamat sampai tujuan, dan tetap waspada. Kini anda tidak perlu khawatir lagi bila ada razia di jalanan karena STNK yang baru sudah dibayar pajaknya.


#Sekedar catatan saja, untuk perpanjang STNK 1 Tahun, anda cukup fotokopi KTP dan Fotokopi STNK, dengan melampirkan KTP dan STNK Asli tentunya. Cukup distaples saja tanpa harus anda masukkan ke dalam amplop, tapi entah deh kalau di luar samsat Banjar, mungkin di luar sana anda harus bawa Stopmap sendiri deh, hehe siapin aja kocek tambahan paling-paling ya 1rb rupiah aja.







Monday, December 24, 2012

Budaya Harpitnas Rupanya Sudah Mewabah Kemana-mana

Duh hari ini sebel banget deh, niatnya mau ke kota bikin tabungan baru eh malah nggak tahunya libur karena hari kejepit. Entah sejak kapan aku sudah tidak begitu ingat ketika waktu itu hari libur hanya diperkenankan untuk hari pahlawan maupun hari yang berhubungan dengan pahlawan bangsa kita. Peraturan tersebut rupanya sudah berganti dan kini hari libur itu diganti dengan perayaan natal, waisak dan lain sebagainya yang entah dengan landasan apa saya juga tidak mengerti dengan sangat.

Mengenai makna libur yang terjadi ketika hari pahlawan memang dampaknya sangat positif karena para siswa jadi paham mengapa libur??? Ketika ditanya mereka faham, oh ini berkaitan dengan hari Kartini, Hari kebangkitan nasional dan lain sebagainya. Kini ketika para pelajar libur mereka akan menjawab "Oh hari kejepit bung". Namun saat ditanya kapan hari Kebangkitan Nasional atau Hari sumpah pemuda misalnya, mereka akan membutuhkan jeda yang cukup lama untuk menjawabnya.

Peraturan akan harpitnas memang perlu ditinjau ulang agar pelayanan publik bisa terus berjalan dengan semestinya. Bukan berarti saya menyalahkan kinerja mereka para PNS yang sedang atau bahkan ingin sekali berlibur, tetapi lebih kearah efektivan dalam bekerja. Dengan menghapus hari libur karena kejepit itu menurut saya sih dihapuskan aja, dan untuk hari-hari besar nasional seperti sumpah pemuda, kebangkitan nasional, kesaktian pancasila, hari kartini itu promosinya harus lebih digencarkan agar pemuda Indonesia bisa memahami betul makna dan sejarah perjalanan bangsa ini. Agar ke depan generasi bisa memahami asal muasal dan sejarah bangsa dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (eh koq malah jadi nyinggung proklamasi yaaa, hehe). Begitulah beberapa pandangan saya deh dan semoga bisa menjadi inspirasi para pegawai negeri yang memberikan pelayanan publik dengan maksimal. Buat yang nggak setuju dengan pendapatku boleh aja koq share dan koment di blog ini tapi dengan jujur yaaa. /eh

Saturday, December 22, 2012

siti bumi roso lanang sejati komo abang komo putih sigo deleng singo dulu pandhelengmu sijabang bayine.....ojo ileng marang bapak ibumu ilenggo marang aku

Perjalanan Panjang Menggunakan Kendaraan Off Road


Berharap musim liburan ini bisa berjalan dengan lancar, apalagi menjelang tahun baru banyak kegiatan yang harus direncanakan dengan baik sehingga dalam pelaksanaan nanti dapat menikmati semuanya. Tentu saja menjaga kesehatan merupakan salah satu tindakan penting yang harus saya lakukan. Dalam beberapa kegiatan saya juga kerap menjaga kesehatan dengan minum Propolis setiap hari.

Dalam agenda liburan saya sudah merencanakan untuk berlibur ke Pantai Ayah yang terletak di Kabupaten Kebumen ini. Dengan menempuh waktu sekitar 4 jam dari Banjar, saya akan menggunakan kendaraan off road yang memang sudah terbukti tangguh dalam perjalanan dan membuat saya nyaman. Sementara untuk urusan bahan bakar, sudah teruji tahan lama alias irit sehingga tidak membuat kantong kita bocor.

Untuk urusan online atau sekedar update informasi di twitter maupun update blog di perjalanan, saya percayakan koneksi internet dengan menggunakan smartfren. Hemmm teman-teman tahu nggak kenapa saya pilih operator yang satu ini? Karena dengan kuota yang banyak dan biaya ringan, ini akan membantu sekali untuk memanaj keuangan sekaligus biaya internet yang seringkali bengkak bila menggunakan operator lain.

Sebagai bekal persiapan makanan, saya selalu siap bubur ayam dan bubur kacang hijau guna diperjalanan nanti. Untuk urusan kesehatan saya tetap mempecayakan dan selalu menyediakan melia Propolis. Karena Propolis ini juga bisa untuk mengobati semua penyakit, jadi disamping konsumsi juga bisa untuk ajang promosi dan bisnis bila bertemu orang nanti.

Friday, December 21, 2012

Berharap Dapat Rejeki Nih Penasaran Mito T970


Wah ketika melihat iklan di televisi yang diperankan oleh Dedy Corbuzier mengenai gadget dari salah satu pabrikan Cina yakni Mito. Produk terbarunya dikeluarkan dengan seri T 970 tentu saja dengan fitur lengkap, layar sentuh disertai tombol keyboard Qwerty full. Hemm menggemaskan dan ditunggu deh itu barang ane pengen. Hehe sedikit dah bahasanya ngawur dan agak ngebanyol, da maklum seharian di sawah bikin badan sedikit KO walau tadi sempat ngopi dulu sebelum ini posting.

Smartphone dari Mito T970 ini hanya dibanderol dengan harga 1,5 jutaan. Fantastis dan murah sangat dah untuk ukuran saku kita. Ya namanya juga produk cina, selalu harga murah moga aja ni barang bisa awet menemani aktivitas blogging kita ya teman-teman. Mari deh terus pantau perkembangan teknologi, kita tunggu akan ada apalagi setelah Mito T970 ini. Teknologi memang semakin canggih deh perkembangannya, dalam waktu yang sangat cepat bisa terus berganti itu barang canggih.

Kesehatan dan Kecerdasan Anak Terjaga Berkat Milkuat Botol Tiger

Rasanya memang seringkali kita abaikan masalah kesehatan apalagi nutrisi bagi si kecil terutama semasa pertumbuhan. Ya tentu banyak sekali orang tua yang sering meremehkan hal ini, biasanya bagi mereka yang kurang pemahaman akan nutrisi yang tepat bagi si kecil. Nah bagi kalian para orang tua yang bingung mau kasih tambahan nutrisi apa yang mudah dicari, saya punya pengalaman menarik nih buat disimak berbarengan.

Pertama kali liat susu bernutrisi tinggi yakni Milkuat Botol Tiger dengan kemasan yang benar-benar unik dan menarik, yakni berbentuk kepala harimau di salah satu sisinya. Kemasan yang baru ini tentu saja bukan hanya menarik di kemasan tetapi juga pada kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Buat para orang tua yang sayang kepada anak-anaknya agar kebutuhan nutrisinya terjaga, wajib donk sedia milkuat botol tiger ini.

Disamping itu, saya juga sering konsumsi milkuat botol tiger ini untuk kebutuhan tambahan nutrisi yang jarang sekali saya temukan di produk lain. Apalagi adik saya juga menyukainya dan bahkan suka memelas pengen dibelikan 1 dos biar awet katanya dan bisa dimasukan ke mesin pendingin. Kemasan yang unik juga menjadi daya tarik bagi produk minuman bernutrisi tinggi yang satu ini, waw bisa dikoleksi nih kemasan botol kosongnya.

Wuih keasyikan nulis jadi pengen minum lagi nih milkuat botol tiger, apalagi pas lagi nuansa panas gini menambah kehangatan badan eh keceplosan maksudnya ditambah dengan sepiring pisang goreng. Hemmm jadi kepikiran melulu nih pengen beli satu karton Milkuat Botol Tiger biar awet dan kalau lagi pengen bisa ambil kapan aja di lemari es. Perlu diketahui juga nih, kalau belinya banyak, kita bisa dapat diskon harga lho. Di samping berhemat, kita juga bakalan tercukupi kebutuhan nutrisinya yang tentu saja akan sangat membantu menjaga hidup kita dari masalah kekurangan gizi dan nutrisi.

Monday, December 17, 2012

Mencermati Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013

Makin banyak para kandidat yang akan mencalonkan diri sebagai Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 mendatang. Berbagai persiapan pun dilakukan dengan mengunjungi daerah-daerah bencana yang merupakan salah satu dari cara pendekatan antar calon independen dengan masyarakat. Langkah ini memang efektif guna mendekatkan diri dengan warga, disamping kampanye secara terbuka pada masa yang akan ditetapkan nanti. Namun hal ini juga harus dilakukan secara berkesinambungan untuk terus mendapatkan perhatian dari masyarakat.

Bersambung.....

Friday, December 7, 2012

Krisis BBM Bersubsidi, LPG Maupun Biogas Kotoran Sapi Jadi Alternatif Pengganti Bensin

Gas Elpiji Alternatif Pengganti Bensin

Semakin memprihatinkan memang, kondisi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di samping membawa dampak positif juga tak sedikit efek negatif yang ditimbulkannya. Salah satu permasalahan yang dihadapi dewasa ini khususnya Pertamina adalah semakin menipisnya sumber daya mineral yakni minyak bumi  yang ada. Pemicu dari keterlangsungan ini adalah jumlah kendaraan yang diproduksi oleh berbagai pabrikan meningkat drastis beriring dengan daya beli masyarakat yang semakin meningkat. Oleh karena itu, agar kedepan kehidupan manusia bisa berlangsung dengan aman dan nyaman, maka perlu ada langkah nyata dalam penghematan maupun menciptakan energi alternatif yang ramah lingkungan.

Perlu kita ketahui, setiap detik volume sumber daya mineral berkurang dari jumlah yang ada. Karena pada dasarnya memang energi Bahan Bakar Minyak Bumi dan Gas yang dikelola Pertamina termasuk batu bara tidak bisa diperbaharui atau diproduksi ulang menggunakan teknologi. Namun, sebagai makhluk yang berbekal dengan akal pikiran, kita selalu punya ide cemerlang untuk menggali energi alternatif baru maupun yang bersifat modern dengan skala daya lebih besar tentu dengan tidak mengesampingkan sisi keamanan lingkungan.

Beberapa pilihan alternatif energi yang bisa dimanfaatkan untuk keberlangsungan hidup manusia diantaranya:
1.    Panas Bumi
Merupakan energi alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk digunakan sebagai pembangkit listrik yang berasal dari magma di dalam bumi. Bahwa Indonesia memiliki banyak gunung berapi yang aktif, tentu saja di dalamnya juga terkandung magma vulkanik yang cukup banyak dan energi panasnya bisa digunakan sebagai tenaga pembangkit listrik. Dengan kondisi demikian, maka berbagai lingkup dalam pemanfaatan energi yang tadinya hanya sebagai ancaman, kini magma vulkanik atau yang biasa disebut dengan istilah gheotermal/panas bumi bisa digunakan sebagai energi bagi umat manusia.

2.    Biogas dari Kotoran Hewan
Nampaknya ide ini bukan suatu barang baru, karena kita pernah mendengan hal ini beberapa waktu silam. Ide ini dicetuskan lantaran kondisi masyarakat yang sedikit merasa resah dan jijik ketika melihat kotoran sapi yang berantakan dan bau tentunya, agar bisa diolah sedemikian rupa agar bermanfaat. Melihat hal itu, dalam ilmu pengetahuan memang dikenal istilah bahwa bau yang ditimbulkan dari kotoran sapi misalnya mengandung beberapa unsur gas, yakni Metana (CH4), Karbondioksida (CO2), dan O2, H2, H2S. Jenis gas ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan memasak, pembangkit listrik mini, dan gas isi ulang (tentu dengan studi keamanan).

3.    Solar Cell
Energi yang dihasilkan oleh panas matahari bisa kita manfaatkan sebagai sumber energi yang ramah lingkungan. Karena dalam pemanfaatannya panas yang dihasilkan oleh matahari akan diserap kemudian disimpan dalam sebuah accumulator / aki. Hal ini bisa dilakukan sebagai tindakan nyata dalam mengurangi penggunaan BBM, karena tiap individu bisa memilikinya walau saat ini harga sollar cell masih terbilang mahal.
4.    Nuklir
Merupakan sebuah materi atom yang terdiri dari unsur neutron dan proton, dalam penggunaannya memang bisa digunakan sebagai pembangkit listrik hingga senjata pemusnah massal. Terkait dengan hajat hidup orang banyak, kita tentunya bisa memanfaatkan energi nuklir sebagai pembangkit listrik seperti yang sudah diterapkan oleh beberapa negara maju seperti Jepang, China, India, Rusia dan Korea Selatan. Pertamina selaku pemasok energi juga perlu memanfaatkan nuklir ini sebagai pembangkit listrik, karena dari sisi lingkungan lebih hemat tempat dan daya yang dihasilkannya pun cukup besar.


Selanjutnya kita memang harus berfikir serius untuk menghadapi krisis energi secara global, apalagi Pertamina memang dituntut untuk mengedepankan sisi lingkungan dalam penciptaan energi guna kelangsungan hidup manusia. Sobat bumi, ini memang tugas kita semua untuk mulai berinovasi dalam memanfaatkan energi yang ramah lingkungan, agar kelak sumber daya yang sudah menipis ini bisa kita manfaatkan dalam jangka waktu yang lama.



Saturday, December 1, 2012

Memanfaatkan Perkembangan Teknologi Untuk Pendidikan

Dahulu kala ketika zaman masih bersifat tradisional dan alat komunikasi masih seadanya dengan hanya menggunakan sepucuk surat, yang memakan waktu berminggu-minggu bahkan hitungan bulan untuk jarak jauh misal papua, ambon dan daerah lain yang akses jalannya masih memiliki banyak kendala. Namun hal itu tidak menyurutkan peran serta para pelajar dan pendidik untuk terus menimba ilmu kala itu. Tak kalah juga bagi para petugas pengantar surat yang walaupun kendaraan seadanya, mereka tetap dengan rela mengantarkan amplop berisi coretan-coretan di atas kertas yang dikirim dari daerah lain.

Kini kita faham bahwa seiring kemajuan ilmu pengetahuan manusia, segalanya bisa berubah. Alat transportasi pun bisa menjadi lebih cepat dengan diproduksinya mobil maupun sepeda motor termasuk pesawat terbang. Selain itu pula, perkembangan komunikasi pun lebih canggih yakni bisa melalui telepon hingga komputer yang terhubung dengan internet. Bahkan ada beberapa kelompok yang memanfaatkan teknologi internet ini untuk melakukan belajar jarak jauh melalui video call.

Wah gak kebayang tuh kalo dulu harus berjalan kaki puluhan km karena tidak adanya kendaraan yang bisa digunakan, kini bisa belajar dan berkomunikasi jarak jauh dengan video internet. Bahkan dunia pendidikan pun kini memanfaatkan internet untuk mempromosikan instansi pendidikan/lembaga pendidikan yang mereka bina. Sehingga harapannya ke depan, teknologi yang semakin maju ini bisa dimanfaatkan dengan bijak agar bermanfaat secara sehat dan positif.