-

Peran Blogger Indonesia Dalam Sosialisasi Potensi Budaya dan Wisata di Kawasan ASEAN

Semakin meningkatnya perkembangan teknologi khususnya dibidang informasi, membuat kita para pengguna dunia maya atau internet dapat mengupdate segala bentuk kebutuhan informasi secara cepat. Selain itu, perkembangan teknologi ini juga menciptakan generasi muda yang haus akan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan perkembangan yang supercepat di bidang informasi dan telekomunikasi, diharapkan akan mampu membawa perubahan yang baik di segala bidang.

Blogger yang merupakan netizen jurnalis, tentu saja sangat gembira dengan semakin canggihnya dunia teknologi informasi. Apalagi keberadaannya sangat dibutuhkan guna update informasi secara real dan fakta tanpa embel-embel uang atau apapun karena apa yang mereka tuangkan dalam bentuk informasi adalah dari nurani mereka sendiri. Sehingga apapun yang disajikan baik itu dalam bentuk tulisan, foto maupun video, itu patut kita apresiasi.

Lalu, apa pengaruh para blogger ini terhadap Budaya dan Wisata di kawasan Asean dan Indonesia khususnya? Secara lebih dekat, budaya merupakan suatu kebiasaan di tiap daerah entah itu dari cara mereka bersosialisasi, berpakaian, atau membangun rumah. Kebiasaan itu terjadi selama kurun waktu yang sangat lama, turun-temurun dari nenek moyang mereka hingga sekarang hingga disebutlah dengan istilah budaya. Budaya ini akan kekal abadi selama generasi penerusnya melakukan suatu tindakan kebiasaan yang dilakukan pendahulu mereka.

Budaya yang lahir tersebut tentunya sangat menarik untuk disimak dan diperhatikan lebih jauh, dan dalam hal pengetahuan ini akan mendorong kita khususnya para blogger untuk mengkaji dan menelaah suatu budaya dari tiap-tiap daerah di manapun. Budaya tiap daerah itu berbeda-beda dan memiliki ciri khas tersendiri. Contoh kecil yang bisa kita lihat secara kasat mata adalah tari-tarian, senjata tradisional, rumah tradisional dan lain sebagainya. Berbagai bentuk ciri khas tersebut merupakan budaya yang tidak boleh ditinggalkan oleh generasi penerusnya agar tidak kehilangan identitas atau jatidiri suatu kaum/bangsa.

Perbedaan budaya yang ada tersebut, tentunya menarik rasa penasaran kita akan keunikan yang melekat pada kelompok suatu kaum. Hal ini tentu saja perlu disebarkan atau diperluas informasinya kepada khalayak ramai, dengan tujuan agar informasi kebudayaan yang ada bisa disebarluaskan hingga ke pelosok ASEAN.

Indonesia memang salah satu negara dengan keragaman budaya serta potensi wisata yang patut disyukuri dan dibanggakan oleh generasi muda yakni bangsa Indonesia ini. Memiliki ratusan hingga ribuan budaya merupakan suatu tantangan berat dalam menjaga kelestariannya, apalagi bila harus memperkenalkan kepada dunia termasuk di Kawasan ASEAN khususnya.

Kebudayaan dan wisata yang dimiliki Indonesia tentu saja sangat beragam, dan dengan kemajuan ini tentu saja kita harus menyebarkan informasi tersebut secara cepat kepada masyarakat lain di tanah air termasuk kawasan ASEAN. Teknologi juga telah menciptakan para blogger dari berbagai kalangan yang kontribusinya tidak boleh kita abaikan begitu saja. Keberadaan para blogger ini membawa pengaruh positif terhadap kemajuan budaya dan penyampaian informasi secara cepat dari tiap-tiap daerah.

Peran serta blogger Indonesia dalam sosialisasi potensi budaya dan wisata di Kawasan ASEAN, patut didukung oleh segenap kalangan dan berbagai lapisan khususnya masyarakat dari kawasan ASEAN tersebut. Nah tentu saja sebagai blogger Indonesia, kita juga harus mengutamakan penyebarluasan informasi atau sosialisasi budaya terhadap kawasan ASEAN dari daerah-daerah yang ada di Indonesia. Dengan keragaman budaya dan potensi wisata yang ada di tanah air, sebagai blogger kita patut mengambil peran untuk mensosialisasikan kepada masyarakat di ASEAN.

Mengapa sebagai blogger Indonesia harus mengutamakan penyebarluasan informasi budaya dan potensi wisata dari tanah air dibanding dengan sosialisasi budaya di kawasan ASEAN. Ada falsafah yang sering kita dengar dari guru-guru kita tentunya, yakni “cintailah budaya sendiri”. Maksud dari hal ini adalah mengajak kita para blogger untuk memperkenalkan budaya serta potensi wisata yang merupakan identitas kita sendiri sebagai bangsa yang besar. Bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya dan mencintai budayanya.

Peran blogger Indonesia yang merupakan masyarakat sipil namun melek teknologi, dengan ide-ide cemerlangnya akan menyebarkan informasi budaya serta potensi wisata di Kawasan ASEAN pada umumnya dan dari daerah terpencil khususnya yang ada di Indonesia tercinta ini. Dengan informasi yang tersebar luas dari berbagai daerah ini, diharapkan masyarakat di kawasan ASEAN akan mengetahui pontensi wisata serta budaya yang ada di Indonesia. Harapan lain tentu saja masyarakat ASEAN bisa berkunjung dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan wisata favorit bagi mereka.

Penyebaran informasi dari daerah-daerah di Indonesia ini juga diharapkan memacu kreativitas dan kemampuan serta pemahaman para blogger dalam hal budaya dan wisata tanah air. Selanjutnya kita juga akan merangkul para blogger dari negara di kawasan ASEAN untuk terus menulis dalam menginformasikan berbagai potensi wisata dan budaya di negara mereka. Peran aktif blogger khususnya blogger Indonesia dalam sosialisasi budaya dan potensi wisata di kawasan Asean, diharapkan akan meningkatkan jumlah wisatawan baik domestik maupun internasional ke tempat wisata serta melirik budaya di kawasan ASEAN.
Previous
Next Post »

6 comments

Click here for comments
November 14, 2012 at 3:47 AM ×

keren tulisannya semoga berhasil lombanya...tapi udah daftar belum ya.. hehe..

Balas
avatar
admin
November 14, 2012 at 3:57 AM ×

justru itu kang, aku dah berkali kali masukin link ke kolom komentar di www.aseanblogger.com tapi nda masuk masuk. entah aku bingung masalahnya. artikelmu tentang apa kang? aku juga pengen bikin satu artikel lagi memuat tentang kuda lumping di daerahku.

Balas
avatar
admin
November 14, 2012 at 10:22 AM ×

Salam.
Semoga sesuai harpan.
Amin.

Balas
avatar
admin
November 17, 2012 at 2:51 AM ×

maturnembah nuwun mas eko sampun mriksani tulisane kulo niki. njih semoga demikian sesuai apa yang diharapkan.

Balas
avatar
admin
November 20, 2012 at 9:16 PM ×

Manteb bro, sukses selalu LD

Balas
avatar
admin
November 21, 2012 at 7:14 AM ×

hehe makasih kang atas kunjungannya. salam sukses slalu.

Balas
avatar
admin

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun.

Buat yang pengen lihat kehebohan kami di Youtube, silahkan lihat di sini https://goo.gl/FQGQku atau https://goo.gl/1ufXwB Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment