-

Musim Kemarau Tiba, Petani Tetap Panen Raya

Meski telah terjadi kekeringan selama beberapa bulan ini, para petani tetap bisa memanen padi yang telah memasuki masa panen tersebut. Hal ini lantaran masih tersedianya kandungan air di saluran irigasi yang mengalir sepanjang Banjar-Lakbok Jawa Barat. Sementara sawah yang tidak bisa teraliri irigasi dengan baik, terpaksa dilakukan dengan cara menyedot dari saluran induk terdekat. Bagi mereka yang terlampau jauh jaraknya dengan irigasi atau sungai, sawah dibiarkan terlantar karena bila diperhitungkan biayanya lebih tinggi dari hasil panen yang akan didapat.

Para petani pada musim panen kali ini hampir tidak bisa menilai jenis padi yang mereka tanam, pasalnya jenis padi yang biasa mereka tanam nampak berbeda hasilnya dibanding dengan masa biasa. Contoh saja jenis pada IR yang biasanya kerdil dan berumur pendek, kali ini masa panennya lebih cepat dari waktu normal pada umumnya. Namun apapun hasil yang didapat, mereka tetap bersyukur bisa terus memanen walau hasilnya tak maksimal lantaran kekeringan yang melanda.

Hampir bisa dipastikan bahwa musim panen kali ini lebih cepat dari biasanya, karena pada yang menguning kali ini tidak bersamaan sehingga bisa dipanen secara merata. Berbeda dengan panen sebelumnya, banyak padi yang mengalami masa kuning atau panen secara bersamaan sehingga menghambat proses pemanenan dan akibatnya banyak padi yang mengalami masa fuso atau terlalu kering di lahan.

Mengingat kondisi beberapa masa panen sebelumnya, hampir saat ini jenis hama tanaman seperti walang sangit, wereng coklat dan sejenisnya tidak ada. Sehingga para petani bisa dengan santainya memanen tanpa harus mengeluarkan biaya extra untuk menyemprot hama tanaman. Hingga akhirnya padi yang ada saat ini lebih sedikit kandungan kimianya. Untuk ke depannya, para petani akan lebih giat untuk menggalakan pertanian padi berbasis organik dan bisa dinikmati oleh masyarakat umum untuk jangka panjang ke depannya. Selamat untuk para petani yang telah mendedikasikan kemampuannya demi kelangsungan pangan yang sehat dan menyehatkan masyarakat.
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun.

Buat yang pengen lihat kehebohan kami di Youtube, silahkan lihat di sini https://goo.gl/FQGQku atau https://goo.gl/1ufXwB Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment