-

Nuansa Santai Internetan di Markas PMI Banjarnegara

Sudah sekian lama nih tidak menikmati suasana malam di Markas Palang Merah Indonesia Banjarnegara. Malam sabtu pon ini rasanya begitu sejuk dan nampak sangat istimewa, karena cuaca yang cerah bak bulan sabit yang baru muncul di langit. Di samping itu, saya juga bisa ngobrol kembali dengan orang-orang yang sudah saya sangat kenal dengan baik. Mengapa harus di sini? Karena di tempat inilah saya memiliki berbagai kenangan, dan dari sini pula saya bisa menikmati pengalaman sebagai relawan di Bantul, DIY pada masa gempa tempo dahulu sekitar tahun 2006 silam.


Saat ini saya sedang menikmati blogging menggunakan laptop milik Komandan KSR yang saat ini diamanati untuk membina dan mendidik para KSR baik itu lama maupun baru agar tetap exis dalam dunia kemanusiaan serta penuh keahlian melalui berbagai pelatihan yang sering diadakan. Saat ini memang sedang sibuk-sibuknya karena dalam dekade beberapa hari ke depan tepatnya tanggal 5 - 10 Juli 2012, kami rekan-rekan relawan dalam wadah KSR beserta adik-adik PMR dari berbagai tingkatan mulai dari Mula, Madya hingga Wira akan mengikuti Jumbara Daerah di Daerah Karangsambung, Kebumen.

Banyak sekali materi lomba yang akan dipertandingkan dalam acara itu. Sebetulnya bukan nilai juara yang diperebutkan, melainkan seberapa jauh kita memahami akan tindakan dalam pertolongan terhadap sesama. Pasalnya kita acapkali melihat berbagai kejadian yang membutuhkan tindakan cepat, namun kita ragu untuk bertindak lantaran merasa belum siap atau keahlian yang dimiliki masih sangat minim. Inilah saat yang tepat bagi rekan-rekan KSR untuk menunjukkan keahlian dan kemampuannya dalam melakukan tindakan pertolongan pertama dan lain sebagainya.

Guna mengikuti agenda tersebut, pihak PMI Banjarnegara akan mengerahkan pasukan sejumlah satu kompi (kira-kira berapa ya?,,hehe). Berhubung ini coretan saya pribadi yang tidak direncakanan untuk dikirim ke majalah maupun media elektronik online, jadi saya menulisnya secara mengalir ringan saja. Kembali terhadap topik kita, untuk agenda pelatihan dalam Jumbara tersebut kami belum melakukan perencanaan. Namun dalam waktu dekat khususnya besok atau minggu, hal itu harus sudah mulai ditindaklanjuti agar mental maupun ilmu sudah cukup matang. Bisa dibilang untuk Jumbara kali ini terkesan mendadak atau kurang persiapan, tetapi kami yakin bahwa apa yang akan dilakukan di sana bisa maksimal. PMI Banjarnegara siap menunjukkan pada dunia bahwa relawannya siap, sigap dan bisa menjadi ujung tombak kemajuan dunia kemanusiaan. Walaupun siap kapan pun dan di manapun, relawan juga manusia yang perlu dukungan dan pembinaan dari semua pihak.
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment