-
Dengan kedua mata kita dapat menikmati segala bentuk keindahan dunia.

Salah satu indera penting yang diberikan Tuhan ini sangat berperan penting dalam kehidupan. Mata bisa berperan sebagai pengumpul memori dalam otak. Mata juga berfungsi sebagai pembuka wawasan. Namun seiring perkembangan teknologi terutama di bidang komputerisasi, mata seringkali dipaksa kerja lebih keras untuk menterjemahkan visual yang ditampilkan oleh layar komputer atatpun televisi.

Sebagai manusia modern, Anda tentu sulit lepas dari perangkat ini. Mulai dari mengerjakan tugas sekolah, menyelesaikan pekerjaan, maupun untuk memperoleh hiburan dan informasi. Alhasil, sudah banyak kaum muda yang sudah memakai kacamata tebal. Untuk meminimalisir risiko kerusakan mata, ada baiknya Anda menyimak beberapa tips berikut ini:
1. Pasang filter pada monitor
Setidaknya usaha Anda ini mampu meredam tingkat radiasi yang dipancarkan monitor ke mata Anda.

2. Pilih monitor LCD
Monitor dengan jenis ini dipercaya lebih baik daripada monitor jenis terdahulu. Kalau perlu, Anda bisa membeli VGA yang bagus agar warna monitor tidak melelahkan mata.

3. Jaga jarak
Idealnya, jarak dari monitor
ke mata Anda adalah 30 cm. Sebaiknya Anda tidak mengurangi jumlah jarak itu demi kesehatan mata Anda.

4. Sejajarkan monitor dengan mata
Posisi yang baik untuk
monitor adalah sejajar dengan mata agar mata dan leher Anda tidak cepat lelah.

5. Sering kedipkan mata
Dengan mengedipkan mata, maka kelenjar air mata akan terangsang untuk mengeluarkan air mata alami. Jika dipaksakan, maka mata Anda akan kering dan sakit. Ada baiknya jika Anda juga membeli obat tetes mata.

6. Istirahatkan mata
Setidaknya berikanlah kesempatan pada mata Anda untuk beristirahat 15 menit setelah pemakaian yang cukup lama. Ketika beristirahat, usahakan lihat pemandangan yang hijau, seperti pohon, rumput dan bunga-bungaan.

7. Konsumsi makanan bervitamin
Sebaiknya Anda juga banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel, ikan, dan lain-lain. Jangan lupa juga untuk memeriksakan mata Anda ke dokter mata secara rutin.

Source* dari http://id.jobsDB.com
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment