-

Pemanfaatan Internet Pedesaan


Meski sebagian kalangan menilai berbagai tantangan dalam dunia teknologi terutama yang merambah ke dunia pemerintahan setingkat pedesaan atau kelurahan sangatlah minim, namun dengan berbagai upaya dan kerjasama tim yang solid hal tersebut dapat terhapuskan. Buktinya sejak dirintis mulai tahun 2001 pihak pemerintah Kabupaten Sragen telah mencanangkan program e-government diseluruh aspek kehidupan pemerintahan. Manfaat tersebut antara lain dapat dirasakan dengan pembuatan KTP secepat kilat sekitar 5 menit hingga update data warga bisa langsung diinput oleh tenaga IT di kelurahan masing-masing.



Bagaimana hal ini bisa berjalan? Pemerintah Kabupaten Sragen melalui lembaga KPDE telah mencanangkan program tersebut dengan cara membangun router-router hingga pelosok pedesaan dan menempatkan tenaga ahli dibidang IT untuk memberikan pemahaman/pelatihan kepada perangkat desa. Pelatihan yang dilaksanakan hingga kuranglebih 3 bulan tersebut membuahkan hasil dimana pegawai di tingkat kelurahan dapat mengoperasikan internet maupun berbagai software pendukung e-government tersebut. Nah hal ini dilakukan guna menjawab tantangan jaman terkait kemajuan ilmu pengetahuan di bidang teknologi.

Disamping itu pula pihak pemerintah kabupaten Sragen juga menempatkan berbagai peralatan teknologi guna membantu pihak kepolisian dalam menegakkan kedisiplinan maupun memberantas tindak kejahatan diantaranya pemasangan kamera CCTV diberbagai tempat strategis. Sementara itu guna mendapatkan kemudahan akses internet gratis via wifi juga sudah dipasang hotspot diberbagai wilayah strategis. Sebuah terobosan yang sangat luar biasa dilakukan pemkab Sragen hingga akhirnya program ini juga di share dalam acara amprokan blogger di Bekasi 6-7 maret 2010 lalu dengan pembicara Bapak Dwiyono. Nah jika internet saja bermanfaat untuk masyarakat umum, pasti manfaat juga donk kalau diterapkan dalam sistem pemerintahan? Dengan berbagai metode pembelajaran terhadap khalayak ramai maupun stakeholder marilah kita manfaatkan internet tersebut dengan bijak agar tepat guna dan berdayaguna.
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar tetapi dengan santun. Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment